Pemerintah Pusat Berikan Bantuan 1084 Hektar Lahan Sawit Milik Masyarakat di Sekadau

Dinas pertanian dan perkebunan kabupaten sekadau terus berupaya meningkatkan produktivitas kebun sawit milik dan yang dikelola

Pemerintah Pusat Berikan Bantuan 1084 Hektar Lahan Sawit Milik Masyarakat di Sekadau
TRIBUN PONTIANAK/SUHENDRA YUSRI
Warga menunjukkan kebun sawit yang terbakar di Tebas Sungai, Senin (24/6/2013).

Pemerintah Pusat Berikan Bantuan 1084 Hektar Lahan Sawit Milik Masyarakat di Sekadau

SEKADAU - Dinas pertanian dan perkebunan kabupaten sekadau terus berupaya meningkatkan produktivitas kebun sawit milik dan yang dikelola oleh masyarakat.

Diakui oleh Kepala Bidang Perkebunan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan perikanan Kabupaten Sekadau Irfan Nurpatria mengatakan dari pemerintah pusat memberikan bantuan pada 2019 ini alokasi anggaran untuk peremajaan seluas 1084 hektar.

"Bantuan replanting perkebunan sawit yang di berikan pemerintah pusat ini seluas 1084 hektare, dan ini sudah kita mulai sejak februari lalu," ujarnya

Tentu menurut dia untuk mendapatkan program bantuan replanting ini ada syarat yang harus dipenuhi oleh masyarakat.

Baca: BREAKING NEWS - Sosok Mayat Ditemukan Mengapung dan Sangkut di Lanting, Polisi Gali Informasi Korban

Baca: Lima Cara Cek Pulsa Telkomsel  

Baca: Data Produksi Kelapa Sawit Periode Mei 2019, Terjadi Penurunan 9,4 Persen

"Replanting atau peremajaan kembali ini targetnya adalah kebun kebun petani yang umurnya sudah diatas 25 tahun. Jadi kalau sudah berumur 25 tahun produktivitasnya sudah turun atau sudah tidak layak lagi jadi ada program yang namanya replanting. Kriterianya diatas 25 tahun atau dibawah 25 tahun tapi produktifitasnya dibawah 10 ton per tahun ini sudah masuk kriteria," ungkapnya.

Nantinya menurut dia pemilik kebun bisa mengajukan lahannya untuk mendapat bantuan melalui KUD setempat.

"Nanti petani mengusulkan ke koperasinya masing-masing, kemudian dari operasi diajukan ke kami. usulan dari KUD ini bentuknya disampaikan secara online dan tidak lagi berupa hard copy dikirim. Ini untuk efisiensi kecepatan dan mempermudah verifikasi," tuturnya.

Nantinya bantuan yang diberikan diakuinya sejumlah uang sebanyak 25 juta/Ha, dan tidak ada kewajiban untuk pengembalian.

"Bantuannya berupa uang hibah dengan nilai 25 juta/Ha, dan tidak ada pengembalian berbentuk uang. Maksimal setiap petani boleh mengajukan 4 hektar untuk satu kepala keluarga," katanya.

Dari target 1084 itu untuk tahun ini akan diarahkan ke 3 KUD diantaranya KUD desa enkersik, desa Setuntung dan desa Belitang satu.

"Harapan kami untuk kabupaten sekadau baik ada bantuan atau tidak para petani harus melakukan replanting. Dan bantuan ini adalah kesempatan karena kalau kita lepaskan sayang sekali," pungkasnya.

Penulis: Try Juliansyah
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved