Lulusan Jurusan Sistem Informasi UBSI Pontianak Siap Jadi Programmer dan Junior Analis

Smart city belum berjalan 100 persen. Masih banyak aplikasi yang harus dikembangkan termasuk dari desa juga

Lulusan Jurusan Sistem Informasi UBSI Pontianak Siap Jadi Programmer dan Junior Analis
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ANGGITA PUTRI
Ketua Program Studi Sistem Informasi UBSI Pontianak, Muhammad Sony Maulana usai menghadiri Workshop dan Sertifikasi Profisiensi Sistem Basis Data, di Aula UBSI Pontianak, kamis (20/6/2019). 

Lulusan Jurusan Sistem Informasi UBSI Pontianak Siap Jadi Programmer dan Junior Analis 

PONTIANAK - Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Kampus Kota Pontianak gelar Workshop dan Sertifikasi Profisiensi Sistem Basis Data , di Aula UBSI Pontianak, kamis (20/6/2019).

Ketua Program Studi Sistem Informasi UBSI Pontianak, Muhammad Sony Maulana mengatakan kegiatan ini adalah kegiatan prodi yang memang untuk menunjang lulusan.

Sesuai dengan aturan dari Dikti mahasiswa yang lulus harus memiliki Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) selain ijazah. Maka dibuatlah sertifikasi kompetensi.

Ia mengatakan ada beberapa sertifikasi kompetensi yang dilakukan mulai dari semester 1 sampai 6  yang dibuat dalam bentuk seminar. Mulai dari basis data, programmer dan jaringan komputer.

Baca: Farhan: Tidak Ada Perlakuan Khusus pada Zulfadhli

Baca: VIDEO: Keluarga Korban Pembunuhan Minta Netizen Tak Berkomentar di Media Sosial

"Semua itu kita adakan hasil kerja sama dengan pihak BNSP, dan vendor," ucapnya.

Ia mengatakan bahwa lulusan dari UBSI  mengarah kepada programmer dan junior analis . 

Pondasi dari sebuah aplikasi adalah basis data . Kalau basis data bagus, programmer bagus maka hasil output dari aplikasi akan bagus. Namun jika tidak sesuai maka akan sebaliknya.

"Jadi ini juga masuk dalam mata kuliah yaitu struktur data dan sistem basis data. Makanya harus ada sertifikasi kompetensi basis data," ujarnya.

Di semester 4 mahasiswa diajarkan terkait sertifikasi programer, dan disemester 6 ini pihak prodi Sistem Informasi perdana melakukan seminar sistem basis data dan programmer.

Halaman
12
Penulis: Anggita Putri
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved