Kabupaten Mempawah Ajukan 16 Desa Berstatus Mandiri ke Provinsi

"Hasil verifikasi IDM 2019 Kabupaten Mempawah ini selanjutnya akan disampaikan kepada Gubernur untuk mendapatkan penetapan lebih lanjut,"

Kabupaten Mempawah Ajukan 16 Desa Berstatus Mandiri ke Provinsi
TRIBUNPONTIANAK/Ya'M Nurul Anshory
Wakil Bupati Mempawah, Muhammad Pagi membuka kegiatan pembinaan dan penyuluhan dalam rangka percepatan perwujudan desa mandiri di Desa Galang, Kecamatan Sungai Pinyuh, Kamis (20/6/2019). 

Kabupaten Mempawah Ajukan 16 Desa Berstatus Mandiri ke Provinsi

MEMPAWAH - Pada bulan Mei 2019 lalu, Pemerintah Kabupaten Mempawah melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah telah melakukan kegiatan verifikasi berkenaan dengan Indikator Desa Membangun (IDM) tahun 2019.

Berdasarkan hasil verifikasi tersebut didapatkan gambaran kondisi tentang desa di Kabupaten Mempawah yakni berstatus mandiri sebanyak 16 desa, berstatus maju sebanyak 35 desa, berkembang sebanyak 7 desa, dan tertinggal sebanyak 2 desa.

Hal itu disampaikan langsung oleh Wakil Bupati Mempawah, Muhammad Pagi, pada saat membuka kegiatan pembinaan dan penyuluhan dalam rangka percepatan perwujudan desa mandiri di Desa Galang, Kecamatan Sungai Pinyuh, Kamis (20/6/2019).

Baca: Pria 40 Tahun Ini Mencuri di Rumah Sakit, Kerugian Ditaksir Ratusan Juta

Baca: SEDANG BERLANGSUNG Live Streaming Jepang Vs Uruguay Babak Kedua, Saling Berbalas Gol

Baca: LIVE STREAMING Jepang Vs Uruguay Copa America 2019 , Hasil Skor Babak Pertama 1-1

"Hasil verifikasi IDM 2019 Kabupaten Mempawah ini selanjutnya akan disampaikan kepada Gubernur Kalimantan Barat untuk mendapatkan penetapan lebih lanjut," ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Mempawah mengapresiasi setinggi-tingginya kepada Satpol PP Provinsi Kalbar yang telah menjadikan Desa Galang sebagai pilot project untuk percepatan perwujudan Desa Mandiri khususnya dalam pemenuhan indikator Indeks Ketahanan Sosial (IKS) pada variabel keamanan dan Indeks Ketahanan Lingkungan (IKL) pada variabel tanggap bencana.

Berdasarkan Pergub Nomor 1 Tahun 2019, Pemprov Kalbar telah mengeluarkan kebijakan untuk mempercepat peningkatan status kemajuan dan kemandirian desa di Kalbar.

Muhammad Pagi mengatakan Pemkab sangat mendukung program tersebut karena sesuai dengan visi dan misi mereka yakni menjadikan Kabupaten Mempawah yang cerdas, mandiri dan terdepan.

"Kita mendukung itu sebagai bentuk keseriusan Pemda dalam membangun Mempawah, yakni dengan membangun desa maju dan mandiri," ujarnya.

Demi mempercepat terwujudnya desa mandiri, Muhammad Pagi mengajak Pemprov, Pemkab, TNI, Polri, Desa dan semua pihak untuk bersinergi.

Halaman
123
Penulis: Ya'M Nurul Anshory
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved