Bupati Instruksikan Lintas Sektor Lakukan Upaya Cegah Stunting di Kabupaten Melawi

Panji menginstruksikan semua sektor untuk dapat melakukan upaya cegah stunting dengan optimalisasi gizi dan kesehatan dalam 1000 hari kehidupan

Bupati Instruksikan Lintas Sektor Lakukan Upaya Cegah Stunting di Kabupaten Melawi
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Bupati Melawi, Panji saat membuka acara sekaligus memberikan materi pada seminar 1000 hari pertama kehidupan di gedung serbaguna, Kamis (20/6/2019) 

Bupati Instruksikan Lintas Sektor Lakukan Upaya Cegah Stunting di Kabupaten Melawi

MELAWI - Bupati Melawi, Panji menginstruksikan semua sektor untuk dapat melakukan upaya cegah stunting dengan optimalisasi gizi dan kesehatan dalam 1000 hari kehidupan.

Hal tersebut disampaikan bupati saat membuka acara sekaligus memberikan materi pada seminar 1000 hari pertama kehidupan di gedung serbaguna, Kamis (20/6/2019).

Pada kesempatan tersebut juga Bupati menyampaikan Pemerintah Kabupaten Melawi saat ini sedang berupaya mewujudkan Kabupaten Melawi menjadi Kabupaten Sehat mengingat kesehatan merupakan modal utama dalam suatu pembangunan untuk dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Melawi.

"Status gizi dan kesehatan ibu pada masa pra-hamil, saat kehamilannya dan saat menyusui merupakan periode kritis atau yang dikenal dengan 1000 hari pertama kehidupan," katanya.

Baca: TERPOPULER- Pengasuh Habisi Anak 20 Bulan, Bawaslu Kubu Raya Buka Suara, hingga Kevin Aprilio Curhat

Baca: Kalbar 24 Jam - Sembunyikan Sabu, Pelaku Pembunuhan Ditangkap, hingga Sutarmidji Akan Rotasi Pejabat

Baca: BREAKING NEWS - Spesialis Pencuri di Gedung Baru RSUD Soedarso Pontianak Ditangkap, Bawa Pahat

Kemudian periode 1000 HPK merupakan periode yang sensitif karena akibat yang ditimbulkan oleh masalah gizi pada periode tersebut berdampak pada terganggunya perkembangan otak, kecerdasan dan fisik, dan pada jangka panjang bisa menimbulkan masalah stunting.

Oleh karena itu, Bupati mengingatkan penanganannya memerlukan dukungan lintas sektor bukan hanya menjadi tugas dinas kesehatan saja.

"Melainkan dukungan seluruh institusi dan masyarakat diperlukan untuk bersama-sama mendukung kegiatan daam menurunkan angka stunting di Kabupaten Melawi," tuturnya.

Penulis: Ridhoino Kristo Sebastianus Melano
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved