Caleg DPRD Pontianak Akan Ditetapkan Awal Bulan Juli, Tapi Masih Tunggu Arahan KPU RI

penetapan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih akan dilaksanakan setelah Mahkamah Konstitusi (MK) memasukan ke buku register gugatan Pileg

Caleg DPRD Pontianak Akan Ditetapkan Awal Bulan Juli, Tapi Masih Tunggu Arahan KPU RI
TRIBUN PONTIANAK/ANESH VIDUKA
Sejumlah anggota DPRD Kota Pontianak saat menghadiri rapat paripurna ke-4 masa persidangan III tahun 2018-2019 DPRD Kota Pontianak di ruang rapat Paripurna DPRD Kota Pontianak, Rabu (12/6/2019). / ILUSTRASI 

Caleg DPRD Pontianak Akan Ditetapkan Awal Bulan Juli, Tapi Masih Tunggu Arahan KPU RI

PONTIANAK - Ketua KPU Pontianak, Deni Nuliadi menungkapkan jika para caleg DPRD Pontianak yang berkompetisi pada Pemilu 2019 bakal segera bisa ditetapkan dalam waktu dekat ini.

Sebelumnya, diterangkan Deni, jika penetapan oleh KPU Pontianak, hanya untuk DPRD Pontianak, sedangkan untuk DPRD Provinsi oleh KPU Provinsi, dan DPR serta DPD RI oleh KPU RI.

Diungkapkannya, untuk penetapan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih akan dilaksanakan setelah Mahkamah Konstitusi (MK) memasukan ke buku register gugatan untuk Pileg.

"Kebetulan Kota Pontianak tidak ada gugatan untuk DPRD Kota, kemungkinan karena MK memasukan ke buku register 1 Juli 2019. kemungkinan kita akan menetapkan perolehan kursi dan calon terpilih sekitar tanggal 4 Juli 2019," katanya, Kamis (20/06/2019).

Baca: Yandi Ingin DPRD Pontianak Kembali ke Tupoksi Awal

Baca: DPRD Pontianak Akan Laksanakan Paripurna Tiga Hari Berturut-turut

Namun, kata dia, KPU Pontianak masih menunggu arahan teknis dari KPU RI seperti apa, apakah sudah bisa langsung ditetapkan perolehan kursi dan calon terpilih.

Ia pun menuturkan, mekanisme penetapan nantinya ialah berbentuk rapat pleno terbuka mengundang seluruh peserta pemilu legislatif.

Kemudian KPU, kata dia, membacakan surat keputusan penetapan perolehan kursi dan calon terpilih.

Baca: Unsur Pimpinan DPRD Pontianak dari Gerindra Ditentukan DPP

Baca: Raihan 6 Kursi DPRD Pontianak, NasDem Buka Peluang Usung Calon di Pilwako Kedepan

Penetapan perolehan kursi dan calon terpilih menggunakan metode sainte lague murni.

"Kita akan lihatkan perhitungannya dengan metode sainte lague murni, setelah wrolehan kursi kita tetapkan maka kita akan meliht calon yang terpilih disetiap dapil, dilihat dari partai yang mendapatkan kursi yang memiliki suara tertinggi," pungkasnya.
 

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved