Sutarmidji Harapkan Daerah Bentuk Forum Anak Hingga Tingkat Desa Seperti Kota Pontianak

Sutarmidji dapat memberikan peran dan masukan pada pemerintah khususnya berkaitan dengan program pembangunan

Sutarmidji Harapkan Daerah Bentuk Forum Anak Hingga Tingkat Desa Seperti Kota Pontianak
TRIBUN PONTIANAK/ANESH VIDUKA
Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji bersama Kapolda Kalimantan Barat, Irjen Didi Haryono, Kasdam XII Tanjungpura, Brigadir Jenderal TNI Alfret Denny D.Tuejeh, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Kalimantan Barat,Moses Tabah dan sejumlah pejabat laiinnya foto bersama puluhan anak dalam pembukaan kegiatan penguatan dan pembentukan pengurus forum anak daerah provinsi Kalimantan Barat tahun 2019 di hotel Ibis Pontianak, Rabu (19/6/2019). Kegiatan ini mengangkat tema "Aku berbudaya, aku cinta Indonesia" dan berlangsung hingga 21 Juni 2019. 

Sutarmidji Harapkan Daerah Bentuk Forum Anak Hingga Tingkat Desa Seperti Kota Pontianak

PONTIANAK - Pembentukan Forum Anak Daerah (FAD) tingkat provinsi diharapkan Gubernur Kalbar, Sutarmidji dapat memberikan peran dan masukan pada pemerintah khususnya berkaitan dengan program pembangunan menyangkut kepentingan anak itu sendiri.

Saat membuka acara Penguatan dan Pembentukan Pengurus Forum Anak Daerah tingkat provinsi, Midji menegaskan apa yang disampaikan dalam suara forum anak daerah 2018 sebagian besar telah dijalankan pemerintah.

Setidaknya ada 10 suara anak Kalimantan Barat yang dirumuskan oleh FAD 2018 lalu.

"Apa yang telah disampaikan anak-anak forum daerah sebagian besar sudah menjadi program pemerintah. Artinya mereka juga mengikuti Musrenbang, seperti di Kota Pontianak yang telah terbentuk hingga kelurahan dan saat musrenbang mereka juga diikutsertakan," ucap Sutarmidji saat diwawancarai, Rabu (19/6/2019).

Baca: TERPOPULER - Siswi Budak Seks Oknum Guru, Rocky Gerung Sebut Yusril Ihza Baper, hingga Kesha Ratuliu

Baca: Kalbar 24 Jam - Pembunuhan Sadis, Video Seks Oknum Guru & Siswa, hingga KPK Periksa Rektor IAIN

Baca: BREAKING NEWS - Penyelundupan Mobil Mewah Malaysia-Indonesia Terbongkar, Ditutupi Pakan Ternak

Midji menegaskan kedepan seluruh kabupaten kota harus membentuk Forum Anak hingga tingkat desa dan kala Musrenbang mereka diikutsertakan seperti di Pontianak sehingga mereka bisa menyampaikan kebutuhan dan keinginan mereka sehingga rencana pembangunan bisa menjawab apa yang mereka inginkan.

Saat ini di Kalbar memiliki sekitar 1.800.000 orang kategori anak, sehingga program pembangunan memang harus memperhatikan mereka dan mengakomodir kepentingan anak.

Berapa suara anak Kalimantan Barat yang disampaikan pada Gubernur Kalbar dan stakeholder terkait adalah adanya fasilitas pelatihan untuk belajar bahasa isyarat, mendorong agar terbentuknya forum anak hingga tingkat desa.

Kemudian, meminta agar semua anak dapat mendapatkann pendidikan layak dengan cara pemerataan fasilitas pendidikan, mendorong pembangunan ruang publik terpadu yang ramah anak, meminta pemerintah agar melindungi anak dari eksploitasi.

Oleh sebab itu, Midji menegaskan bahwa apa yang telah disampaikan anak-anak itu sebetulnya telah diakomodir dalam program yang telah disusunya bersama Ria Norsan.

Kemudian ia berharap tidak ada anak di Kalbar yang putus sekolah lagi, maka peranan forum anak daerah bisa berfungsi disitu. Mereka bisa saling mengawasi anak-anak sebayanya sehingga melihat langsung kondisinya.

"Kita akan meningkatkan sinergitas dengan Polda dan Kodam sehingga anak-anak kita di Kalbar dapat mendpoatkan ilmu dan meningkatkan kemajuan pengetahuan mereka," tambahnya..

Selain itu, pembentukan ruang publik juga ditegaskannya menunjang kreatifitas anak karena mereka bisa memanfaatkannya untuk saling bersosialisasi.

Penulis: Syahroni
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved