Breaking News:

KPU Pontianak Matangkan Alat Bukti PHPU Pileg untuk Dua Partai Ini

“Akan kita buktikan dengan dokumen hasil rekapitulasi kita. Mulai dari tingkat kecamatan sampai tingkat kota,” lanjut Deni.

Penulis: Ridho Panji Pradana | Editor: Ishak
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ RIDHO PANJI PRADANA
Ketua KPU Pontianak, Deni Nuliadi 

KPU Pontianak Matangkan Alat Bukti PHPU Pileg untuk Dua Partai Ini

PONTIANAK - Ketua KPU Kota Pontianak, Deni Nuliadi menerangkan pihaknya tengah melakukan sejumlah persiapan untuk mematangkan alat bukti yang akan dibawa dalam sidang perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) Pileg 2019.

Seperti yang diketahui ada dua gugatan sengketa PHPU Pileg yang akan disidangkan di Mahkamah Konstitusi (MK) yaitu dari partai Gerindra dan Berkarya.

“Untuk Pileg, Kota Pontianak ini ada dua. Pertama itu partai Gerindra untuk DPR RI, itu internal partai Gerindra. Gugatan antar caleg dari partai Gerindra itu sendiri. Di Kota Pontianak ada sebelas TPS yang digugat. Satu lagi gugatan partai Berkarya. Untuk gugatan partai Berkarya ini, tidak menyebutkan secara detail. Hanya mengklaim bahwa jumlah suara mereka sekian, Kita akan membuktikan, bahwa semua prosesnya telah sesuai,” timpalnya.

Baca: Input dan Entry Situng KPU Pontianak Menyisakan DPRD Kota

Baca: KPU Pontianak Gelar Pleno Terbuka Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara

Adapun alat bukti yang tengah disiapkan dan disusun oleh KPU Kota Pontianak antara lain, berkas atau dokumen yang berkaitan dengan tahapan pemungutan sampai rekapitulasi suara di setiap tingkatan.

“Akan kita buktikan dengan dokumen hasil rekapitulasi kita. Mulai dari tingkat kecamatan sampai tingkat kota,” lanjut Deni.

Deni Nuliadi menegaskan, sampai saat ini, proses pengumpulan alat bukti masih berlangsung. 

Baca: Penjelasan Ketua KPU Pontianak Terkait PSU di TPS 07

Setelah semua terkumpul dan sesuai dengan gugatan pemohon, maka KPU Kota Pontianak akan mengirimkannya ke KPU RI, melalui KPU Provinsi Kalbar.

“Masih persiapan, kita sedang buat kronologisnya, buat jawaban dan mengumpulkan alat bukti. Kalo sudah siap semua, nanti kita tunggu saja arahan KPU RI. Kita akan bawa ke Jakarta,” tutupnya.
 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved