Kejari Sanggau Diusulkan Masuk Zona Wilayah Bebas Korupsi, Menuju Birokrasi Bersih dan Melayani

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Sanggau, Tengku Firdaus menyampaikan, Kejaksaan Negeri (Kejari) Sanggau diusulkan pemerintah pusat

Kejari Sanggau Diusulkan Masuk Zona Wilayah Bebas Korupsi, Menuju Birokrasi Bersih dan Melayani
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/HENDRI CHORNELIUS
Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Sanggau, Tengku Firdaus 

Kejari Sanggau Diusulkan Masuk Zona Wilayah Bebas Korupsi, Menuju Birokrasi Bersih dan Melayani

SANGGAU - Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Sanggau, Tengku Firdaus menyampaikan, Kejaksaan Negeri (Kejari) Sanggau diusulkan pemerintah pusat melalui Kejaksaan Tinggi dan Kejaksaan Agung masuk zona integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) menuju wilayah birokrasi bersih dan melayani.

"Begitu saya masuk di Kejari Sanggau memang sudah dicanangkan dan sudah berjalan di jaman pak Sihite Kepala Kejaksaan Negeri Sanggau yang lama. Dan sudah ada beberapa progres kegiatan, "katanya yang saat itu didampingi Kasi Intelijen Kejaksaan Negeri Sanggau Iman Khilman, Rabu (19/6/2019).

Lanjutnya, kedepan ada beberapa kegiatan yang kita lakukan, salah satunya ada beberapa program unggulan kita diantaranya kita siapkan mobil layanan antar jemput barang bukti gratis.

Baca: Sidak Fasilitas Pelayan Publik Pengadilan Negeri Pontianak, Ini Penilaian Ombudsman RI

Baca: Prof Garuda Dorong Jumlah Guru Besar di Untan Semakin Banyak

Baca: Kapolda Kalbar Dukung Pembentukan Forum Anak Hingga Tingkat Desa

"Kemudian antar jemput saksi. Kendaraannya sudah kita siapkan dan sudah kita pasang stiker, kemudian pelayanan hukum secara online. Jadi mempermudah pelayanan publiklah bentuknya,"ujarnya.

Kemudian perkara-perkara yang sudah diputuskan ingkrah termasuk barang bukti yang sudah ada putusan ingkrah kita kembalikan.
"Jadi tidak perlu lagi pencari keadilan, baik korban, tersangka. berdasarkan putusan pengadilan kita kembalikan dan petugas kita yang akan mengantarkannya langsung ke rumah yang bersangkutan,"jelasnya.

Tengku menjelaskan, untuk merealisasikan zona integritas bebas korupsi menuju wilayah bersih melayani, ada enam kriteria atau pengungkit yang harus dipenuhi.

"Saya juga belum hafal, yang jelas kita harus punya program pelayanan publik terbaik buat masyarakat pencari keadilan. Jadi bentuk pelayanan kami selaku aparat penegak hukum mempermudah masyarakat, contohnya pada bidang Intel. Bidang intel inikan lebih kepada pelayanan TP4D, dan pelayanan itu kita lakukan secara profesional," tegasnya.

Dengan segala keterbatasan yang dimiliki baik itu SDM maupun sarana prasarana, Tengku mengaku optimis bisa mewujudkan zona integritas bebas korupsi menuju wilayah bersih melayani.

"Kita tetap optimis. Intinya kita tidak menjadikan ini beban, tapi ini bentuk pelayanan keseharian yang kita berikan kepada masyarakat,"tegasnya.

Selain Kejaksaan Negeri Sanggau, ada tiga Kejaksaan lainnya di Kalbar yang juga diusulkan, diantaranya Kejaksaan Negeri Kota Pontianak (Tipe A), Kejaksaan Negeri Sintang dan Kejaksaan Negeri Ketapang.

Penulis: Hendri Chornelius
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved