Breaking News:

LPHD Mencari Penghasilan Alternatif yang Berkelanjutan dari Menjaga Hutan

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga hutan, dengan cara ini pula mereka bersemangat menjaga hutan mereka

Penulis: Nur Imam Satria | Editor: Ishak
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Masyarakat yang termasuk Lembaga Pengelola Hutan Desa (LPHD) di desa Pulau Kumbang, Kecamatan Simpang Hilir, Kabupaten Kayong Utara yang beternak Kambing. 

LPHD Mencari Penghasilan Alternatif yang Berkelanjutan dari Menjaga Hutan

Citizen Reporter
Petrus Kanisius
Media Relation Yayasan Palung 

KETAPANG - Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga hutan, dengan cara ini pula mereka bersemangat menjaga hutan mereka.

Yaitu Lembaga Pengelola Hutan Desa (LPHD) di desa Pulau Kumbang, Kecamatan Simpang Hilir, Kabupaten Kayong Utara misalnya, mereka sangat bersemangat untuk menjaga hutan desa mereka dengan cara beternak kambing dan menyiapkan pohon bibit serta menanamnya.

Mengapa beternak kambing? dan mengapa dengan cara menyiapkan bibit tanaman dan selanjutnya mereka menanamnya (tanaman dari berbagai tanaman seperti tanaman buah-buahan, tanaman karet, tanaman pinang dan tanaman lainnya)?.

Ini merupakan cara alternatif yang bisa dilakukan oleh masyarakat sebagai harapan agar hutan terjaga dan masyarakat sejahtera. LPHD di Desa Pulau Kumbang merupakan binaan dari Yayasan Palung.

Lalu, apa hubungan beternak kambing dengan menjaga hutan? beternak kambing, cara yang bisa dilakukan mereka sembari memilihara dan menjaga hutan. Ini merupakan cara alternatif yang berkelajutan.

Baca: Wendi Tamariska dari Yayasan Palung Raih Penghargaan Lingkungan Hidup Whitley Award 2019 di London

Baca: Ponton Belum Bisa digunakan di Sunyat, ASDP Janji Datangkan KMP Gunung Palung

Beternak baru saja mereka lakukan, sedangkan membibit, menanam dan memilihara sejak tahun 2015 silam hingga saat ini.

“Untuk biaya pengadaan bibit tanaman dan beternak kambing, semua biaya berasal dari Bang PeSoNa (Perhutanan Sosial Nusantra). Beberapa desa lainnya yang juga merupakan binaan Yayasan Palung seperti LPHD Padu Banjar, LPHD Penjalaan, LPHD Nipah Kuning dan LPHD Pemangkat mengajukan bantuan serupa pula dari Bang PeSoNa," ujar Edi Rahman, selaku Manager Program Penyelamatan Satwa (PPS-Hukum) Yayasan Palung.

"Semua proses penyusunan dan pengajuan proposal dilakukan melalui kelompok LPHD dan dibantu oleh Yayasan Palung yang selanjutnya direspon baik oleh Bang Pesona hingga dikucurnya dana bantuan kepada kelompok masyarakat yang mengajukan. Dana bantuan yang dikucurkan oleh Bang PeSoNa kepada kelompok LPHD sebesar 50 juta rupiah," katanya lagi.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved