Catatan Demokrasi Kita

Harap MK Jadi Mahkamah Akal Sehat, Rocky Gerung: Adil Artinya Bergerak Pergi Pada yang Tertinggal

"Adil artinya bergerak pergi pada yang tertinggal atau tercecer. Saya ingin hakim MK ambil langkah itu.

Harap MK Jadi Mahkamah Akal Sehat, Rocky Gerung: Adil Artinya Bergerak Pergi Pada yang Tertinggal
Streaming Youtube Indonesia Lawyears Club
Pengamat Politik Rocky Gerung saat Live Catatan Demokrasi Kita tema Sidang MK Serangan Balik Untuk BPN di TVOne, Selasa (18/06/2019) mulai pukul 20.00 WIB. 

Harap MK Jadi Mahkamah Akal Sehat, Rocky Gerung: Adil Artinya Bergerak Pergi Pada yang Tertinggal

Catatan Demokrasi Kita - Pakar Politik dan Filsafat, Rocky Gerung berharap Mahkamah Konstitusi (MK) menjadi Mahkamah Akal Sehat. 

Ia memberikan apresiasi terhadap sidang sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2019 yang menjadi pembelajaran baru bagi masyarakat soal pendidikan politik dan hukum. 

"Saya ingin MK jadi mahkamah akal sehat. Itu basisnya," ungkap Rocky Gerung saat Live Catatan Demokrasi Kita tema Sidang MK Serangan Balik Untuk BPN di TVOne, Selasa (18/06/2019) malam WIB.  

Rocky Gerung kembali menegaskan pandangannya soal ini tidak ada kepentingan dirinya dengan intens politik atau konsistensi politik. 

 "OK, tadi saya katakan tidak ada kepentingan dengan intens politik atau konsistensi politiknya. Saya tertarik dengan sidang MK yang menimbulkan diskursus hukum," terangnya.

Baca: Rocky Gerung Mengaku Sempat Sinis Kepada MK, Ini Alasannya! Sekarang Beri Apresiasi Sisi Sosiologi

Baca: Komentari Sidang Kedua Sengketa Pilpres, Rocky Gerung Sebut Yusril Ihza Baper Terpancing Duel Teori

Rocky Gerung ingin menyaksikan debat berkualitas dari pihak-pihak yang bersengketa di Pilpres, khususnya pemohon dan termohon. 

"Saya ingin menyaksikan sambil menguji baik dari pemohon dan termohon, agar kita belajar tentang logic dan konsistensi. Saya mau lihat dalil apa ? Reasonnya (pendapatnya_red) apa?," jelas Rocky Gerung.  

Menurut pandangannya, orang terlibat hanya pada sisi teknikalitas saja. Padahal, kalau tidak ada hukum acara di MK, pihak yang berselisih masih bisa beracara.

"Bolehkah beracara? Boleh kok," timpalnya.

Halaman
123
Penulis: Rizky Prabowo Rahino
Editor: Rizky Prabowo Rahino
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved