Daya Listrik di Sintang Surplus Hingga 8 Megawatt

Djuanda Afief Nugroho mengatakan khususnya di Kabupaten Sintang masih belum membutuhkan listrik tambahan

Daya Listrik di Sintang Surplus Hingga 8 Megawatt
TRIBUNPONTIANAK/Wahidin
Manajer PLN Rayon Sintang, Djuanda Afief Nugroho saat ditemui di Kantor PLN Rayon Sintang, Selasa (18/6/2019) pagi. 

Daya Listrik di Sintang Surplus Hingga 8 Megawatt

SINTANG - Sarawak Energy Bhd (SEB) sedang mengincar potensi penjualan listrik tambahan ke Indonesia, hal ini dilakukan terkait laporan terbaru bahwa ibukota Indonesia mungkin akan dialihkan ke Kalimantan Barat dari Jakarta dalam waktu dekat.

Menyikapi adanya wacana tersebut, Manajer PLN Rayon Sintang, Djuanda Afief Nugroho mengatakan khususnya di Kabupaten Sintang masih belum membutuhkan listrik tambahan karena saat ini PLN Rayon Sintang surplus daya.

"Daya listrik kita surplus, total sekarang posisi cadangan masih di 8 megawatt (MW). Sebab PLTU kita kapasitas bisa 3x7 MW dan PLTD itu 12 MW. Masih cukup untuk kebutuhan daya listrik di Sintang," katanya, Selasa (18/6/2019) pagi.

Baca: TERPOPULER- Mahasiswi UNS Asal Kalbar Tewas, Sindikat Narkotika Jalur Laut, hingga Ibukota Indonesia

Baca: HASIL Copa America | Cuplikan Jepang Kebobolan 4 Gol, Klasemen Terkini, Hasil, Jadwal dan Top Skor

Baca: BREAKING NEWS - Siswi Kalbar Jadi Budak Seks Oknum Guru, Videonya Tersebar ke Warga

Menurutnya untuk beban puncak sendiri masih di rata-rata 24 MW jika memasuki malam hari. Tapi karena saat ini masih dalam suasana lebaran, beban puncak tertinggi bisa sampai 27 MW. Tapi jikapun 27 MW, masih ada cadangan 5 MW.

Selain itu, jika ada penambahan daya dari konsumen yang memakai tenaga listrik untuk rumah tangga dan kantor. Menurut Afief, fluktuasinya tidak terlalu besar. Sebab standar pertumbuhan pertahun itu hanya 8 persen.

"Sintang sementara ini Insyaallah masih sangat cukup. Hitungan kami pun ketika pelanggan-pelanggan besar seperti industri akan masuk itu masih cukup. Untuk tahun ini Insyaallah 19 Desa juga akan dibangun jaringan listrik," katanya.

Ditanya mengenai cakupan listrik desa di Kabupaten Sintang, Afief menjelaskan bahwa persentase desa berlistrik di Kabupaten Sintang masih 66 persen. Namun setiap tahun akan diupayakan dibangun jaringan baru.

Dirinya juga memberitahukan bahwa PLN Rayon Sintang saat ini membuka kesempatan sebesar-besarnya bagi pelanggan yang ingin melakukan penambahan daya. Apalagi saat ini ada promo Gemerlap Lebaran hingga 30 Juni 2019.

"Untuk promo tambah daya ada diskon 50 persen untuk pelanggan dan 100 persen untuk rumah ibadah. Mohon dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, karena ketika daftar hari ini, besok sudah bisa langsung kita pasang," pungkasnya.

Penulis: Wahidin
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved