Buka Lomba Bercerita Tingkat SD, Bupati Landak Ingat Guru dan Para Orang Tua

Bupati Landak Karolin Margret Natasa membuka kegiatan lomba bercerita siswa-siswi tingkat sekolah dasar (SD) se Kabupaten Landak

Buka Lomba Bercerita Tingkat SD, Bupati Landak Ingat Guru dan Para Orang Tua
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Lomba Bercerita Tingkat SD Selasa (18/6/2019). 

Buka Lomba Bercerita Tingkat SD, Bupati Landak Ingat Guru dan Para Orang Tua

LANDAK - Bupati Landak Karolin Margret Natasa membuka kegiatan lomba bercerita siswa-siswi tingkat sekolah dasar (SD) se Kabupaten Landak di Aula Kantor Bupati Landak pada Selasa (18/6/19).

Lomba diikuti oleh 15 peserta dari perwakilan Kecamatan di Kabupaten Landak. Lomba bercerita ini bertujuan untuk menumbuhkembangkan minat baca masyarakat terutama pada anak-anak sejak usia dini.

Serta kecintaan terhadap karya budaya bangsa melalui berbagai bacaan. "Ini merupakan kegiatan yang positif dan sangat saya dukung guna menumbuhkan minat membaca pada anak-anak," kata Karolin.

Dijelaskannya, zaman sekarang sangat tidak mudah karena saat ini anak-anak lebih suka dengan dunia digital atau IT. Diharapkan pihak orang tua dapat membimbing anak-anaknya dalam mencintai kebudayaan membaca. "Terutama dalam membaca buku," ucap Bupati.

Baca: Bambang Widjojanto Mohon Perlindungan Saksi di LPSK, I Dewa Gede Palguna: Jangan Anggap Menyeramkan

Baca: ICMI Sambas Dorong Siswa-siswi Sesuai Realitas Saat Ini

Baca: Legislator Kalbar Nilai Investasi Listrik dari Malaysia Tidak Perlu

Selain itu Karolin juga mengingatkan pihak orang tua dan guru agar dapat mengajarkan anak-anak terutama anak usia dini untuk sering berkunjung ke perpustakaan dan taman baca dalam menumbuhkan minat baca mereka.

Terutama dalam mempopulerkan buku-buku cerita budaya daerah di Kabupaten Landak. "Saya pesan kepada pihak orang tua dan guru, untuk sering mengajak anak-anak ke perpustakaan daerah dan taman baca yang sudah disiapkan pemerintah Kabupaten Landak dalam meningkatkan minat baca anak-anak," harapnya.

Selain itu, meminta kepada Perpustakaan Daerah Kabupaten Landak untuk terus menggali dan mencari koleksi buku-buku cerita budaya daerah yang dimana banyak mengandung nilai-nilai kehidupan yang baik serta sejarah lokal Kabupaten Landak.

Lebih lanjut Bupati menyampaikan, lomba bercerita siswa-siswi SD tingkat Kabupaten Landak merupakan salah satu manfaat baik dalam melatih anak-anak untuk terampil berbicara di depan publik.

"Lomba ini merupakan salah satu cara untuk melatih anak-anak dalam keterampilan berbicara, dengan memberikan informasi kepada orang lain di depan publik dan hal ini sangat tidak mudah apabila tidak dilatih sejak usia dini," bebernya.

Oleh karena itu, bermula dari ketertarikan akan sebuah buku. "Anak-anak akan terus mencari sumber informasi yang dibutuhkan dari buku lain," pungkasnya.

Penulis: Alfon Pardosi
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved