Sidang MK, Faisal Riza: Bawaslu Kalbar Bersifat Pasif

Karena jika dilihat pada gugatan Capres-Cawapres di MK ada dua hal, yakni keterlibatan kepala daerah dan DPT.

Sidang MK, Faisal Riza:  Bawaslu Kalbar Bersifat Pasif
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ FILE
Komisioner Bawaslu Kalbar, Faisal Riza. 

Sidang MK, Faisal RizaBawaslu Kalbar Bersifat Pasif

PONTIANAK - Kordiv PHL Bawaslu Kalbar, Faisal Riza menerangkan jika di Sidang MK yang akan kembali digelar besok, Selasa (18/06/2019) pihaknya bersifat pasif.

"Untuk sidang besok jadwalnya adalah jawaban dari termohon atau KPU RI, dan kita sampai hari ini tidak ada arahan juga untuk memberikan keterangan secara langsung dan kita sudah sampaikan keterangan tertulis, itupun melalui Bawaslu RI, jadi sampai hari ini tidak ada arahan dari Bawaslu RI untuk menghadiri dalam proses persidangan, jadi kami sifatnya pasif dalam hal ini selanjutnya tergantung Bawaslu RI," katanya, Senin (17/06/2019).

Karena jika dilihat pada gugatan Capres-Cawapres di MK ada dua hal, yakni keterlibatan kepala daerah dan DPT.

"Kitakan hanya menyampaikan hasil pengawasan kita, misalnya soal keterlibatan kepala daerah seperti apa, dan soal DPT, kita sudah sampaikan dua-duanya, soal itu kepada Bawaslu RI jadi kalau hasil pengawasan kita misalnya kita sudah awasi ada izin cuti saat kampanye, dan lain sebagainya," terang Faisal Riza.

Sementara terkait DPT, lanjutnya, Bawaslu sudah sampaikan rekomendasi-rekomendasi mulai penetapan DPS.

Baca: Lelang Jaringan Komunikasi Super Cepat, Jerman Raup Keuntungan 6,5 Miliar Euro

Baca: Prediksi Skor Persib Bandung Vs Tira Persikabo Shopee Liga 1 2019 Live Indosiar Jam 18.30 WIB

Faisal menerangkan Bawaslu Provinsi memberikan rekomendasi tertulis pada DPTHP-3, karena dianggap terakhir, sedangkan dari DPS ke DPTHP-2 pihaknya mendorongnya ditingkat Kabupaten Kota basisnya, karena Dukcapilnya ada di Kabupaten Kota.

Mantan Ketua KPID Kalbar ini juga mengungkapkan jika pihaknya tidak ada kewenangan untuk menilai hasil pengawasan ada pelanggaran.

"Kita tidak mempunyai kompetensi untuk menilai itu tapi itu hak-hak masing-masing penggugat, yang penting kita sudah sampaikan hasil pengawasan," pungkas Faisal Riza.

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved