Pengamat: Pembangunan Tidak Boleh Melenceng dari RPJMD

Pengamat Kebijakan Pemerintah Erdi Abidin mengatakan berkaitan dengan pengesahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Pengamat Kebijakan Publik Untan, DR Erdi Abidin MSi. 

Pengamat: Pembangunan Tidak Boleh Melenceng dari RPJMD

PONTIANAK - Pengamat Kebijakan Pemerintah Erdi Abidin mengatakan berkaitan dengan pengesahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Pontianak periode 2020-2024 akan menjadi dokumen sebagai acuan pemerintah setempat membangun kota ini lima tahun kedepannya.

Pertama RPJMD inikan untuk lima tahun dan sebagai acuan pemerintah setempat menyusun rencana pembangunan setiap tahunnya.

Maka fungsi DPRD juga mengawal setiap tahunnya, dalam penyusuan rencana kerja sehingga bisa mencapai RPJMD yang telah disusun ini.

Kemudian, setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam menyusun rencana kerja tahunan jangan sampai keluar dari perencanaan lima tahunan ini.

Mengapa demikian, Selain RPJMD ada juga namanya Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) yang menjadi patokan dalam menyususun RPJMD.

Baca: Selama Sidang MK, Personel Polres Sintang Siaga Lakukan Patroli Pengamanan di Objek Vital

Baca: OMK Parbata FC Juarai Turnamen Sepak Bola Gawai Cup III di Dusun Empinang

Baca: Kadis Parpora Sambas Harap Atlet Pertahankan Prestasi di Tahun Sebelumnya

Rencana pembangunan harus sinkron semua, yang disusun pertahun, mengacu pada RPJMD dan mengacu pula pada RPJPD itulah yang disebut integrasi pembangunan dan sinkronisasi dengan pengeroyokan para SKPD.

Konsep pembangunan RPJMD ini bersifat akumulatif artinya, membangun satu dilanjutnya dengan pembangunan kedua.

Maka pembangunan harus berkelanjutan dan tidak boleh terputus, akumulasi juga menambah progres yang ada dari periode sebelumnya.

Kalau tidak salah, ini juga periode dari RPJPD Kota Pontianak yang terakhir, sehingga Pak Edi Rusdi Kamtono dalam menyususun RPJMD berpatokan pada RPJPD yang sudah dibuat.

Penulis: Syahroni
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved