Pasca Lebaran, Kapolsek Cek Harga Sembako di Pasar Belitang

"Jika ditemukan oknum yang memainkan harga atau menimbun barang, maka akan dilakukan tindakan tegas sesuai dengan Undang-undang No 18 tahun 2012,"

Pasca Lebaran, Kapolsek Cek Harga Sembako di Pasar Belitang
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Jajaran Polsek Belitang melakukan pengecekan harga barang sembako di pasar Belitang desa Belitang Dua, Senin (17/6/2019). 

Pasca Lebaran, Kapolsek Cek Harga Sembako di Pasar Belitang

SEKADAU - Jajaran Polsek Belitang melakukan pengecekan harga barang sembako di pasar Belitang desa Belitang Dua, Senin (17/6/2019). Kapolsek Belitang Ipda Agus Junaidi bersama Bhabinkamtibmas Brigadir Enggry turun ke pasar untuk mengecek ketersediaan barang dan harga sembako pasca hari raya Idul Fitri 1440 H.

"Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memastikan ketersediaan stok kebutuhan para konsumen di Kecamatan Belitang pasca hari raya Idul Fitri 1440 H. Hampir 2 pekan umat muslim telah merayakan hari raya Idul Fitri 1440 H, diprediksi harga barang sembako akan mengalami penurunan dari harga sebelum lebaran di pasar Belitang," ujar Kapolsek.

Menurut kapolsek, Pasar Belitang merupakan lokasi sentral bagi para konsumen untuk berbelanja kebutuhan barang sembako seperti beras, gula, telur, minyak goreng, indomie yang mengalami kenaikan harga dalam beberapa hari menjelang lebaran.

Baca: Polsek Belitang Berikan Pengamanan Pertandingan Futsal di Desa Belitang Satu

Baca: Polsek Belitang Gelar Halalbihalal Lebaran, Berikut Harapan Kapolsek

Pada kesempatan tersebut Kapolsek juga mengimbau yang perlu menjadi perhatian selain barang sembako adalah antisipasi kelangkaan tabung gas elpigi subsidi ukuran 3 kg.

"Jika ditemukan oknum yang memainkan harga atau menimbun barang, maka akan dilakukan tindakan tegas sesuai dengan Undang-undang No 18 tahun 2012 tentang pangan dan Undang-undang No 7 tahun 2014 tentang perdagangan," katanya.

Menurut salah satu pemilik toko sembako Acai menjelaskan bahwa stok sembako yang berada ditoko pada saat ini cukup untuk memenuhi kebutuhan para konsumen pasca hari raya Idul Fitri 1440 H di Kecamatan Belitang.

Baca: Polsek Belitang Amankan Salat Idul Fitri 1440 Hijriah di Masjid Sirajuddin

Dirinya juga menambahkan bahwa dari barang sembako yang berada di pasar masih memenuhi stok dan sampai saat ini harga bahan pokok masih relatif stabil dan ada beberapa barang seperti gula, telur, minyak goreng mengalami penurunan harga.

"Untuk harga gula kemasan 50 kg dijual dengan harga Rp. 630.000, beras kemasan 10 kg bervariasi sesuai dengan merk dimulai dari harga Rp. 108.000-Rp. 130.000, telur 1 rak Rp. 46.000, minyak goreng Rp. 10.000/kg sedangkan untuk tabung gas subsidi kemasan 3 kg dijual dengan harga Rp. 25.000, kemasan 12 kg dijual Rp. 185.000," tuturnya.

Penulis: Try Juliansyah
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved