Heri Mustamin Tegaskan RPJMD Harus Mempunyai Inovasi

Menurutnya RPJMD adalah buku suci Pemerintah Kota Pontianak untuk mengambil kebijakan lima tahun kedepannya.

Heri Mustamin Tegaskan RPJMD Harus Mempunyai Inovasi
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ SYAHRONI
Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menyerahkan berkas tanggapan akhir Raperda RPJMD 2020-2024 pada Wakil DPRD Kota Pontianak, Heri Mustamin. 

Heri Mustamin Tegaskan RPJMD Harus Mempunyai Inovasi

PONTIANAK - Wakil Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pontianak, Heri Mustamin menjelaskan dengan disahkannya RPJMD 2020-2024 telah sesuai dengan amanah Undang-undang yang di pedomani.

Ia menjelaskan yang dipedomani adalah urusan wajib dalam otonomi daerah yaitu yang paling pokok misalnya pendidikan dan kesehatan.

"Harusnya pemerintah kota dengan periode sekarang harus memiliki inovasi terbaru. RPJMD ini sudah dikaji begitu lama yakni hampir tiga bulan baik oleh DPRD secara kelembagaan hanya memang ada beberapa hal yang dilihat belum ada nuansa inovasi. Makanya kemarin dianggap RPJMD itu hanya copy paste," ucap Heri Mustamin saat diwawancarai, Senin (17/6/2019).

Menurutnya RPJMD adalah buku suci Pemerintah Kota Pontianak untuk mengambil kebijakan lima tahun kedepannya.

Baca: Belasan Komplotan Begal Sadis Ditangkap Polisi, 4 Orang masih Bawah Umur

Satu diantara yang dicontohkannya harus ada inovasi adalah pendidikan, jangan sampai hanya membandingan pendidikan yang ada di Pontianak dengan kabupaten kota se Kalbar tapi setidaknya regional Kalimantan.

Kemudian Heri Mustamin, menjelaskan dalam RPJMD terkait pelayanan kesehatan juga harus diperhatikan dan ditingkatkan. Sebagai ibukota provinsi, Kota Pontianak memiliki kegiatan perdagangan dan jasa. Hal itu bagian upaya untuk mendorong investasi yang baik, maka sektor kesehatan menjadi penting untuk di perhatikan.

"Sektor kesehatan tidak hanya sehat jasman, akan tetapi sehat lingkungan juga menjadi perhatian. Kesehatan lingkungan juga akan berpengaruh pada kesehatan jasmani. Yang tidak kalah penting adalah harus ada inovasi dibidang kesehatan," ucapnya memberikan saran pada Pemkot Pontianak.

Bagaimana Puskemas yang ada mampu memberikan pelayanan yang baik. Oleh karena itu puskesmas diharapkannya harus memiliki pelayanan dasar yang baik dan mampu memberikan pelayanan media, prima bahkan harus bisa paripurna.

Baca: 3 Alasan Sulit untuk Meninggalkan Hubungan yang Tidak Sehat

Persoalan lainnya yang jharus mendapatkan perhatian adalah kesejahteraan masyarakat. Angka pengangguran dan kemiskinan di Kota Pontianak masih cukup besar.

Halaman
12
Penulis: Syahroni
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved