Pemilu 2019

Penetapan Calon Legislatif Terpilih, Yani: KPU Tunggu BRPK dari MK RI

Kami masih menunggu buku registrasi perkara konstitusi (BRPK) dari Mahkamah Konstitusi (MK).

Penetapan Calon Legislatif Terpilih, Yani: KPU Tunggu BRPK dari MK RI
Tribun Timur
Logo KPU RI 

Penetapan Calon Legislatif Terpilih, Yani: KPU Tunggu BRPK dari MK RI

KAPUAS HULU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kapuas Hulu belum bisa melakukan sidang pleno penetapan calon anggota legislatif periode 2019-2024, hasil dari Pemilu tahun 2019 mendatang.

"Kami masih menunggu buku registrasi perkara konstitusi (BRPK) dari Mahkamah Konstitusi (MK). Dimana penetepan perolehan kursi, dan caleg bisa dilakukan paling lambat tiga hari setelah MK mengeluarkan BRPK," ujar Ketua KPU Kapuas Hulu, Ahmad Yani , Jumat (14/6/2019).

Ahmad Yani menjelaskan, berdasarkan PKPU nomor 10 tahun 2019 ada dua hal yang diatur, pertama untuk daerah yang tidak ada PHPU, setelah MK mencantumkan BRPK paling lambat tiga hari setelah MK mengeluarkan BRPK KPU kabupaten /kota.

Baca: Beri Penghargaan Tiga Bhabinkamtibmas, Ini Pesan Kapolres Singkawang

Baca: Valentino Rossi 2 Tahun Puasa Podium Juara, Legenda MotoGP Sarankan The Doctor Pensiun

 "Terus untuk daerah yang ada PHPU, paling lambat tiga hari setelah penetapan putusan atau putusan MK dibacakan. Jadi kami belum bisa memastikan kapan penetepan caleg terpilih, karena menunggu BRPK dari MK," tambah Ahmad Yani.

Terpisah, Plt Sekretaris DPRD (Sekwan) Kapuas Hulu, Frans Leonardus menyatakan kalau pihaknya sudah mempersiapkan proses penatikan anggota DPRD Kapuas Hulu terpilih, tapi masih mengunggu penetapan dari KPU Kapuas Hulu.

"Kami sudah mempersiapkan untuk pelantikan sesuai ketentuan sekitar bulan September, karena masa berakhirnya jabatan anggota DPRD Kapuas Hulu dan masih menunggu penetapan dari KPU," tukas Ahmad Yani.

Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved