Kepala Penerangan Kodam XII Tanjungpura Kolonel Infanteri Aulia Fahmi Dalimunthe

Komandan Kodim 1202/Singkawang Letnan Kolonel Arm Viktor J.L Lopulalan, S.Sos., melaksanakan Sosialisasi Kepemilikan Lahan

Kepala Penerangan Kodam XII Tanjungpura Kolonel Infanteri Aulia Fahmi Dalimunthe
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
suasana sosialisasi Kepemilikan Lahan Daerah Latihan Kodam XII/Tpr Di Desa Temajuk 

Kepala Penerangan Kodam XII Tanjungpura Kolonel Infanteri Aulia Fahmi Dalimunthe

PONTIANAK - Komandan Kodim 1202/Singkawang Letnan Kolonel Arm Viktor J.L Lopulalan, S.Sos., melaksanakan Sosialisasi Kepemilikan Lahan Daerah Latihan Kodam XII/Tpr Di Desa Temajuk., yang di ikuti Perangkat Desa, Tokoh masyarakat dan warga masyarakat. Bertempat di Gedung Serbaguna Dusun Camar Bulan, Desa Temajuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas.

Pada acara tersebut juga dihadiri, Danbrigif 19/KH Kolonel Inf Freddy Sianturi, Dandim 1202/Skw Letkol Arm Victor Jalan Lopulalan, Danyonif 645/GTY Mayor Inf Rony Sugianto, Wadanyonif 645/GTY Kapten Inf Remon H. Sitanggang, Pasiops Lettu Inf Ikwan Hadi Putra, Danton 1 Kipan C Yonif 645/GTY Letda Inf Febri, Bati Komsos Koramil 1202-05/Plh Pelda Irwan, Babinsa Temajuk Serda Dwi Ariyanto, Danpos Temajuk Satgas Pamtas Yonif 643/Wns Letda Inf Henry Budiarto S.T.Han, Plh. Kades Temajuk Bapak Agunadi, Sekdes Temajuk Pandri Ota dan Tokoh masyarakat Temajuk, juga dihadiri sekitar 30 orang.

Baca: TERPOPULER - Sindikat Kawin Kontrak, Puput Nastiti Devi, hingga Saktiawan Gabung Persib Bandung B

Baca: RAMALAN SHIO Jumat 14 Juni 2019, 3 Shio Ini Percaya Diri, Kelinci Luangkan Waktu untuk Beristirahat

Baca: ZODIAK Hari Ini Jumat 14 Juni 2019, Waktu yang Baik untuk Keluarga Aries, Lebih Baik Berbicara Leo

Agunadi Plh Kades Temajuk dalam sambutannya mengajak perwakilan masyarakat agar mendengarkan secara seksama apa yang akan disampaikan oleh pihak TNI yang diwakili Dandim 1202/Skw, dan apa-apa saja yang diprogramkan kedepannya demi masyarakat dan TNI dalam membangun desa Temajuk.

Dandim 1202/Skw Letkol Arm Victor J.L Lopulalan, S.Sos., dalam sambutannya menyampaikan, dalam pembentukan suatu Batalyon tentunya memerlukan medan latihan untuk meningkatkan kemampuan prajurit demi kepentingan pertahanan Negara. Medan latihan dibangun di perbatasan juga guna memberikan efek dan pengaruh terhadap Negara tetangga agar tidak ada niat mengganggu Negara Indonesia.

Dia berharap masyarakat Temajuk benar-benar bisa mengerti dan bisa memahami kepentingan tersebut, karena demi kepentingan nasional untuk menjaga kedaulatan Negara Indonesia.

"Tanah yang akan di bangun sebagai tempat latihan bukan demi kepentingan pribadi atau golongan, seperti yang dijelaskan dalam undang-undang untuk kepentingan Negara guna Pertahanan Nasional," ujar Dandim.

Menurut Dandim, Saat ini Pemda Sambas telah melakukan pembahasan dan perencanaan pembangunan Desa Temajuk, Kec. Paloh pada khususnya. Tentunya nanti akan sangat berpengaruh kepada perkembangan pembangunan desa Temajuk.

Setelah penyampaian sambutan Plh. Kades Temajuk dan Dandim 1202/Skw, dilanjutkan sesi tanya jawab. Yang di wakili empat orang warga Temajuk diantaranya, Bpk. Parhad, Bpk. Yakub (Ketua Kelompok Tani), Bpk. Samsiar dan Bpk. Asparmo. Yang menanyakan tentang bagaimana solusi bagi masyarakat yang sudah menggunakan lahan untuk bercocok tanam, juga yang berada di areal lokasi Jln. Paralel STA.07-09.

Pada kesempatan itu Dandim juga menjelaskan, mari kita sama-sama jangan saling menyalahkan dan jangan saling mengklaim lahan karena lokasi lahan tersebut untuk kepentingan Negara khususnya TNI, dalam hal ini selain utk latihan Batalyon juga untuk melaksanakan tugas pokok menjaga kedaulatan NKRI.

"Kodim dan pemerintah Desa akan bekerjasama dengan pemerintah daerah Kab. Sambas untuk berkoordinasi mencari lahan lain bagi masyarakat yang sudah mengelola lahan dan berkebun di areal lokasi STA.07-09," pungkas Dandim.

Plh Kades Temajuk Agunadi menjelaskan, dengan adanya TNI masuk didaerah kita di wilayah perbatasan Kec. Paloh khususnya desa Temajuk, justru masyarakat seharusnya banyak berterimakasih kepada TNI dengan adanya program yang akan dilakukan bisa membantu pembangunan dan perekonomian masyarakat Temajuk.

Dengan adanya program dari TNI ini siapa tahu nantinya dapat membantu merubah status lahan dari Hutan Produksi (HP) kedepannya menjadi Area Penggunaan Lain (APL) dan bisa menjadi hak milik masyarakat," jelas Agunadi.

Penulis: Ferryanto
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved