70 Persen dari 1,3 Juta Hektare Lahan di Kalbar akan Diberikan ke Masyarakat dengan Lima Skema

Menurutnya ada tiga komponen yang menentukan IKLH yaitu air, kualitas udaraan tutupan lahan.

70 Persen dari 1,3 Juta Hektare Lahan di Kalbar akan Diberikan ke Masyarakat dengan Lima Skema
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ SYAHRONI
Direktur Jendral Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan KLHK, Dr Bambang Supriyanto.  

70 Persen dari 1,3 Juta Hektare Lahan di Kalbar akan Diberikan ke Masyarakat dengan Lima Skema

PONTIANAK - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menggelar kegiatan dialog dengan media dengan tema "Biru Langitku, Hijau Bumiku".

Kegiatan dilangsungsungkan di Aula Kantor BKSDA Kalbar, Jalan Ahmad Yani Pontianak, Jumat (14/6/2019).

Sejumlah perwakilan dari awak media dan mahasiswa serta akademisi dari Universitas Tanjungpura juga hadir dalam kegiatan tersebut.

Acara kali ini menghadirkan dua narasumber, pertama Direktur Jendral Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan KLHK, Dr Bambang Supriyanto dan Dekan Fakultas Kehutanan Untan, Dr Gusti Hardiansyah.

Baca: Atlet Panjat Tebing Asal Kapuas Hulu Ikut Seleksi ke Pontianak

Baca: Beri Penghargaan Tiga Bhabinkamtibmas, Ini Pesan Kapolres Singkawang

Dalam dialog ini diangkat juga mengenai ketidakadilan akses yang diberikan pada masyarakat terhadap hutan yang ada, sedangkan izin  akses sebagian besar diberikan pada instansi dan perusahaan sehingga menjadikan masyarakat disekitar hutan miskin karena ketimpangan ini.

Direktur Jendral Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan KLHK, Dr Bambang Supriyanto  menerangkan kegiatan itu dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup yang jatuh pada 5 jmJuni 2019. Sebab kemaren bertepatan momen Idulfitri, maka pada kesempatan inilah pihaknya berkeliling se Indonesia untuk menyampaikan hasil-hasil pembangunan kehutanan yang ada.

Diangkatnya tema Biru Langitku, Hijau Bumiku, karena  indeks kualitas lingkungan hidup di Indonesia  membaik dari 0,63 menjadi 0,66 dan harapannya  pada akhir tahun 0,68.

Menurutnya  ada tiga komponen yang menentukan IKLH yaitu air, kualitas udaraan tutupan lahan.

Kaitan dengan tutupan lahan, ia menyampaikan  adanya program perhutanan sosial, bahwa lahan-lahan bekas HPH, HTI yang terlantar dan kondisinya kritis dan ada juga yang baik,  maka sekarang melalui peta indikatif areal perhutanan sosial, hutan yang ada didistribusikan atau dipercayakan pada rakyat untuk mengelolanya dengan lima skema.

Halaman
12
Penulis: Syahroni
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved