Persepsi Orangtua Siswa Dikhawatirkan Jadi Kendala Sistem Zonasi di PPDB Online 2019 Sintang

Pandangan orangtua bahwa anak-anak tidak bisa masuk sekolah di kota itu salah. Peluang kesempatan tetap ada, bukan tertutup untuk anak-anak di daerah

Persepsi Orangtua Siswa Dikhawatirkan Jadi Kendala Sistem Zonasi di PPDB Online 2019 Sintang
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/WAHIDIN
Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang Yustinus  

Persepsi Orangtua Siswa Dikhawatirkan Jadi Kendala Sistem Zonasi di PPDB Online 2019 Sintang

SINTANG - Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang, Yustinus memastikan bahwa tahun ini akan mulai dilaksanakan sistem zonasi pada penerimaan peserta didik baru (PPDB) tingkat SMP Negeri di Kabupaten Sintang

Berdasarkan Permendikbud dan diperkuat dengan Peraturan Bupati Sintang, kuota untuk zonasi ini sebesar 85 persen. Sementara 15 persen di luar zonasi, terbagi menjadi 5 persen siswa berprestasi dan 10 persen pindahan. 

"Tahun ini kita mulai untuk wilayah Sintang Kota dulu. Meskipun sistem zonasi, masih ada porsi 15 persen untuk di luar zonasi. Kita berharap dengan ini, akan ada pemerataan penyebaran siswa," ujarnya, Kamis (13/6/2019) siang. 

Baca: Disdikbud Sintang Bakal Terapkan Sistem Zonasi Pada Penerimaan Siswa SMP Tahun Ini!

Baca: Hendak Kabur ke Ketapang, Pencuri Laptop dan Kamera Dibekuk Saat Berada di Sintang

Menurutnya, penerapan sistem zonasi ini tentu tetap akan menimbulkan polemik di kalangan orangtua siswa. Terutama bagi orangtua di daerah yang menganggap pemerintah menutup peluang anak daerah sekolah di kota. 

"Pandangan orangtua bahwa anak-anak tidak bisa masuk sekolah di kota itu salah. Peluang kesempatan tetap ada, bukan tertutup untuk anak-anak di daerah. Karena ada diberikan peluang bagi anak-anak berprestasi," katanya. 

Hanya saja dengan sistem zonasi ini dirinya berharap akan merubah mindset orangtua di wilayah perkotaan yang selalu memandang mana sekolah unggulan atau favorit dan mana sekolah yang dianggap kurang bagus. 

Baca: Ini Jalur Pendaftaran PPDB Online Jenjang SMA/SMK

Baca: Bingung Daftar PPDB Online Mandiri, Orangtua Siswa Pilih Datang Langsung ke Sekolah

Selain itu, menurutnya dengan sistem zonasi ini juga memberikan kesempatan bagi anak-anak yang sebelumnya tinggal berdekatan dengan suatu sekolah yang dianggap favorit yang selalu terkendala dengan seleksi dan persaingan. 

"Nah sekarang dengan zonasi berdasarkan titik koordinat dan lainnya. Jadi jarak rumah ke sekolah itu akan dilihat sehingga akan memberikan peluang dan kesempatan kepada kita semua untuk bersekolah," pungkasnya. 
 

Penulis: Wahidin
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved