Masyarakat Kabupaten Mempawah Harap Puskesmas Gencar Berikan Edukasi Tentang Monkeypox

"Sampai saat ini kita sebagai warga masyarakat belum mendapat pemahaman secara jelas terkait penyakit menular yang disebut cacar monyet," ujarnya

Masyarakat Kabupaten Mempawah Harap Puskesmas Gencar Berikan Edukasi Tentang Monkeypox
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Screenshoot Hael Cacar Monyet 

Masyarakat Kabupaten Mempawah Harap Puskesmas Gencar Berikan Edukasi Tentang Monkeypox

MEMPAWAH - Masyarakat Kabupaten Mempawah merasa was-was mendengar isu Monkeypox atau cacar monyet yang merupakan penyakit mengerikan jika dilihat dari dampaknya terhadap perubahan fisik tubuh.

Satu diantara warga Sungai Pinyuh, Agus Haryanto (28) mengaku merasa was-was jika memang cacar monyet merambah sampai ke Indonesia khususnya Kabupaten Mempawah.

"Sampai saat ini kita sebagai warga masyarakat belum mendapat pemahaman secara jelas terkait penyakit menular yang disebut cacar monyet," ujarnya, kepada Tribun, Kamis (13/6/2019).

Agus mengaku, penyakit cacar monyet hanya diketahuinya melalui media televisi dan jejaring sosial saja, sampai saat ini di lingkungan tempat tinggalnya belum ada penyuluhan tentang cacar monyet.

Baca: Inilah Tanda Gejala Cacar Monyet Menurut Dinas Kesehatan Mempawah dan Cara Pencegahannya

Baca: Tenaga Medis di Mempawah Diimbau Hati-hati Tangani Kasus Suspek Cacar Monyet

"Jika Dinas Kesehatan sudah memberikan imbauan ke Puskesmas, saya harap surat itu tidak hanya sampai ke Puskesmas saja, harus disampaikan ke masyarakat," ujarnya.

Senada dengan itu, Saputra TB (22) juga berharap pihak Puskesmas lebih gencar lagi menyampaikan edukasi dan pemahaman tentang penyakit menular seperti cacar monyet itu.

"Saya harap penyuluhan yang diberikan puskesmas tidak hanya kepada kader-kader saja, atau orang-orang tertentu saja, harus ada door to door untuk memaksimalkan hasilnya," pintanya.

Putra menilai, langkah Dinkes mengandalkan Puskesmas sebagai ujung tombak untuk menyampaikan informasi penyakit berbahaya kepada masyarakat adalah langkah tepat. (Yak)

Penulis: Ya'M Nurul Anshory
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved