Inilah Tanda Gejala Cacar Monyet Menurut Dinas Kesehatan Mempawah dan Cara Pencegahannya

Kita sudah menerima terusan dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia terkait tanda dan gejala dari cacar monyet

Inilah Tanda Gejala Cacar Monyet Menurut Dinas Kesehatan Mempawah dan Cara Pencegahannya
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ Ya'M NURUL ANSHORY
Kepala Bidang, Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, drg H Muhktar Siagian saat diwawancara awak media.   

Inilah Tanda Gejala Cacar Monyet Menurut Dinas Kesehatan Mempawah dan Cara Pencegahannya

MEMPAWAH -Kepala Bidang, Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, drg H Muhktar Siagian menjelaskan tanda dan gejala Monkeypox atau cacar monyet.

"Kita sudah menerima terusan dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia terkait tanda dan gejala dari cacar monyet," ujarnya.

Mukhtar menjelaskan, interval dari infeksi dan timbulnya gejala cacar monyet adalah 14 sampai 21 hari sejak pertama kali terinfeksi.

"Pengidap cacar monyet akan menderita demam, sakit kepala hebat, pembengkakan pada kelenjar limfa (limfadenopati), sakit punggung, nyeri otot, dan merasa kurang tenaga," paparnya.

Baca: Puluhan Rumah Terendam Banjir di Balai Sepuak

Baca: Pemkab Landak Beri Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik pada Petani

Kemudian, tambah dia, akan muncul ruam kulit mulai di bagian wajah dan kemudian menyebar di bagian tubuh yang lain.

Untuk mencegah penularan cacar monyet, Mukhtar mengatakan seseorang harus menghindari sebisa mungkin kontak dengan tikus dan primata yang terinfeksi.

Kemudian kata dia, batasilah kontak fisik dengan orang yang terinfeksi atau bahan-bahan yang digunakan orang yang terinfeksi.

"Pakailah satung tangan dan pakaian pelindung lainnya yang sesuai saat menangani hewan yang terinfeksi dan ketika merawat orang yang terinfeksi," jelasnya.

Terakhir, Mukhtar mengatakan, setiap petugas medis dianjurkan untuk melakukan vaksinasi, dan kepada masyarakat ia mengimbau terapkanlah perilaku hidup bersih dan sehat. 

Penulis: Ya'M Nurul Anshory
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved