Dosen BSI Pontianak Beri Pelatihan Aplikasi SIPDABDES pada Kantor Desa Wajok Hilir

Tim Pengabdian Masyarakat berjumlah enam orang, terdiri dari tiga dosen dan dibantu dengan tiga mahasiswa.

Dosen BSI Pontianak Beri Pelatihan Aplikasi SIPDABDES pada Kantor Desa Wajok Hilir
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Foto bersama usai Pelatihan Aplikasi SIPDABDES pada Kantor Desa Wajok Hilir 

Dosen BSI Pontianak Beri Pelatihan Aplikasi SIPDABDES pada Kantor Desa Wajok Hilir

PONTIANAK- Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Kampus Kota Pontianak sukses melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di Kantor Desa Wajok Hilir Kabupaten Mempawah.

Setiap tahunnya selalu ada anggaran pendapatan dan belanja desa dari pemerintah. Kantor Desa Wajok Hilir sebagai kantor instansi pemerintah yang melakukan pengolahan data anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes).

Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini berlangsung selama empat hari yaitu dari tanggal 06 sampai 27 Mei 2019 dengan tema Hibah dan Pelatihan Aplikasi Sistem Informasi Pengolahan Data Anggaran dan Belanja Desa (SIPDABDES).

Tim Pengabdian Masyarakat berjumlah enam orang, terdiri dari tiga dosen dan dibantu dengan tiga mahasiswa.

Baca: Gandeng Pemkab dalam Sejumlah Program, Ini Penjelasan Kapolres Kayong Utara

Baca: VIDEO: Cemburu, Suami Cekik Istrinya hingga Tewas

Ketiga dosen yang memberikan materi yakni Raja Sabaruddin, Windi Irmayani, Latifah.

Tujuan dari kegiatan ini yaitu memberikan hibah dan pelatihan penggunaan aplikasi pengolahan data anggaran pendapatan dan belanja desa (APDES) dikhususkan untuk bendahara pada kantor Desa Wajok Hilir Kabupaten Mempawah.

Kegiatan dimulai dengan proses pengumpulan data untuk pembuatan hibah aplikasi, dilanjutkan dengan mempresentasikan prototype aplikasi SIPDABES yang disampaikan oleh Raja Sabaruddin.

Pelatihan hari berikutnya dilakukan penginputan data asli pada aplikasi pengolahan data anggaran pendapatan dan belanja desa (APDES).

Kegiatan ditutup dengan pelatihan bersama bendahara kantor Desa Wajok Hilir Kabupaten Mempawah dan penyerahan aplikasi hibah yang langsung dilakukan oleh ketua kegiatan yakni Raja Sabaruddin.

“Kami mengucapkan terimakasih banyak kepada dosen UBSI Pontianak yang telah memberikan hibah aplikasi tersebut dan bersedia memberikan pelatihan aplikasi yang bermanfaat untuk kantor Desa Wajok Hilir Kabupaten Mempawah, aplikasi ini sangat bagus dan sangat diperlukan pada kantor Desa Wajok Hilir Kabupaten Mempawah agar bisa mempemudah pekerjaan staff kantor,”ujar Kaur Keuangan, Iskandar

Salah satu peserta, Vera selaku staff berharap kegiatan ini akan selau berlangsung tidak hanya di kantor Desa Wajok Hilir Kabupaten Mempawah saja namun bisa berlangsung di kantor-kantor daerah lainnya agar bisa mempermudah pekerjaan khususnya di bagian kepemerintahan.

Harapan dari seluruh tim kegiatan adalah hibah aplikasi ini bisa diterapkan di kantor Desa Wajok Hilir Kabupaten Mempawah agar mudah mengelola Data Anggaran dan Belanja Desa (SIPDABES).

“Semoga materi yang kami sampaikan bisa dipahami dan semoga aplikasi yang kami hibahkan ini bisa diterapkan dengan sebaik mungkin,”ujar Raja.

Penulis: Anggita Putri
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved