Dinkes Mempawah Andalkan Puskesmas Antisipasi dan Berikan Pemahaman Masyarakat Tentang Cacar Monyet

Monkeypox atau cacar monyet beberapa waktu lalu sempat menjadi isu yang cukup mengkhawatirkan bidang kesehatan di seluruh Indonesia

Dinkes Mempawah Andalkan Puskesmas Antisipasi dan Berikan Pemahaman Masyarakat Tentang Cacar Monyet
360nobs.com
Kondisi bocah Afrika yang badannya terserang virus cacar monyet atau monkeypox. 

Dinkes Mempawah Andalkan Puskesmas Antisipasi dan Berikan Pemahaman Masyarakat Tentang Cacar Monyet

MEMPAWAH - Monkeypox atau cacar monyet beberapa waktu lalu sempat menjadi isu yang cukup mengkhawatirkan bidang kesehatan di seluruh Indonesia.

Meski belum merambah ke Indonesia, cacar monyet sudah terdeteksi di negara tetangga yakni Singapura, meski saat itu yang terkena bukanlah warga negara Singapura melainkan Afrika.

Hal itulah yang menjadi kekhawatiran pemerintah Indonesia, lagipula berdasarkan data Kementrian Kesehatan Indonesia, cacar monyet sudah merambah nyaris ke semua negara di benua Afrika.

Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Mempawah, melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Mukhtar Siagian sudah melakukan langkah antisipai dengan mengimbau masyarakat agar waspada terhadap Monkeypox atau cacar monyet.

Baca: Satgas Pamtas 643 Sigap Berikan Pertolongan Korban Kecelakaan

Baca: Dapat Penghargaan, Salbiah: Ini Jadi Motivasi dan Saya Tularkan ke Rekan-rekan

Baca: Apel Konsolidasi Operasi Ketupat dan Kesiapan Sidang PHPU 2019 Polda Kalbar

Ia mengungkapkan bahwa, berdasarkan data Kemenkes RI, saat ini cacar monyet sudah menginfeksi secara global di Afrika Tengah dan Afrika Barat seperti Kongo, Kamerun, Afrika Tengah, Nigeria, Ivory, Liberia, Sierra, Gabon dan Sudan Selatan.

Mukhtar memastikan bahwa pihaknya sudah melakukan upaya langkah antisipasi wabah cacar monyet di Mempawah dengan menjadikan Puskesmas sebagai ujung tombak.

"Imbauan ini sudah kita sampaikan ke puskesmas, dan mudah-mudahan di daerah kita ini tidak ditemukan kasus cacar monyet tersebut. Kita juga sudah melakukan langkah antisipasi sesuai dengan tupoksinya," ungkapnya, Kamis (13/6/2019).

Dinas Kesehatan mengandalkan Puskesmas sebagai ujung tombak untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk mencegah munculnya cacar monyet di Kabupaten Mempawah.

"Kita sudah membuat surat edaran ke seluruh Puskesmas untuk mengantisipasi cacar monyet," ujarnya.

Ia menilai, bahwa resiko tinggi masuknya cacar monyet ke Indonesia bisa melalui wilayah pelabuhan, dan langkah antisipasi dilakukan tidak hanya di Mempawah namun seluruh Indonesia.

"Puskesmas sudah di instruksikan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang kewaspadaan terhadap penyakit menular seperti cacar monyet melalui penyuluhan-penyuluhan," tuturnya.

Mukhtar menuturkan bahwa Dinas Kesehatan juga sudah menginstruksikan agar semua Puskesmas menyebarkan kewaspadaan terhadap cacar monyet dan gejala-gejala yang diduga terkait cacar monyet.

"Kita sudah menyebarkan kewaspadaan terhadap cacar monyet dan gejalanya atau dugaan kasus cacar monyet kepada masyarakat melalui Puskesmas," pungkasnya.

Penulis: Ya'M Nurul Anshory
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved