'Caruk Maruk Bertemu Jua', Sebagai Wadah Rumpun Seni Kalbar

Sebagai sosok rumpun seni Kalimantan Barat, Carut Marut berkolaborasi dengan para seniman Kalbar dalam mengekspresikan karya dan budaya

'Caruk Maruk Bertemu Jua', Sebagai Wadah Rumpun Seni Kalbar
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Carut Marut berkolaborasi dengan para seniman Kalbar dalam mengekspresikan karya dan budaya. 

'Caruk Maruk Bertemu Jua', Sebagai Wadah Rumpun Seni Kalbar

PONTIANAK - Sebagai sosok rumpun seni Kalimantan Barat, Carut Marut berkolaborasi dengan para seniman Kalbar dalam mengekspresikan karya dan budaya.

Carut Marut merupakan nama acara yang digagas oleh beberapa praktisi lintas fakultas seni, terdiri dari rupa, foto, musik dan audiovisual. Beberapa praktisi seni ini juga belum lama menamakan dirinya menjadi 
Rumpun Seni sebagai penanda inisiator kegiatan tersebut.

Carut Marut mungkin adalah diksi yang bermakna negatif bagi sebagian orang. Akan tetapi bagi mereka diksi tersebut dirasa tepat sebagai judul acara untuk mewaikili kondisi sosial kita yang kurang baik oleh pertarungan politik kemarin hari.

Berbagai rupa kegaduhan mulai dari sumpah serapah hingga agresi materiil adalah dampak negatif darinya yang kemudian menyasar pada lingkungannya, tak terkecuali Pontianak.

Dalam tulisan artikel mereka, menyampaikan bahwa agenda perpolitikan semacam kemarin adalah hal yang wajar jika kita memang memiliki perbedaan pandangan di dalamnya. Jadi tak perlu bersungut-sungut apalagi untuk membela dan memperjuangkan sesuatu yang memang belum tentu juga mengubah hidup kita seutuhnya. Lebih jauh lagi ada yang lebih layak untuk kita perjuangkan yakni sifat toleransi kita sebagai kota yang heterogen dari masa silam.

Baca: TERPOPULER - Usman Siram Air Keras ke Anak Janda Idaman, Zul Zivilia, hingga Pemain Persib Bandung B

Baca: Cari Tempat Nginap di Sanggau, Hotel Sanggau Permai Bisa Jadi Pilihan

Baca: Dikabarkan Telah Menikah dengan Ahok, Tampilan Baru Puput Nastiti Devi Curi Perhatian Publik

Contributor Caruk Maruk, Oscar Olendo menuliskan CARUT MARUT merupakan serangkaian agenda seni mulai dari pameran foto, seni tekstil, pertunjukan musik, dan pemutaran karya videografi. Dan tidak menutup 
kemungkinan karya seni dalam bentuk lainnya juga dapat ditampilkan di agenda berikutnya. 

Acara yg diinisiasi RUMPUN SENI yg merupakan sebuah kolektif lintas disiplin ilmu seni yg menjadi wadah untuk menyalurkan ekspresi dari para penggiat seni yang ada di Pontianak.

Dengan demikian ia menyatakan harapannya dengan adanya agenda seni CARUT MARUT dapat merangsang berbagai gagasan kreatif dan aktivitas seni di Pontianak untuk semakin berkembang.

Ekosistem kesenian pun harus ikut mendukung terutama para pelaku seni, peneliti, akademisi, pembina kesenian, serta pemerintah yg terkait agar strategi perkembangan seni dapat berkesinambungan dan agenda seni serupa tidak hanya sebagai "POLITAINMENT" Politik yg dikemas dalam format entertainment.

Jika kamu ingin hadir, Carut Marut Bertemu Jua akan dilangsungkan besok pada 14 Juni, Pekarangan di jalan Reformasi, Kota Pontianak. Pukul 7 malam dan Free Entry for you guys!. 

"Semoga CARUT MARUT dapat menjadi gizi untuk kehidupan batin ini,"rangkumnya. 

Penulis: Maudy Asri Gita Utami
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved