Lantik 111 Personel BPD, Paolus Hadi: BPD Harus Tahu Tugas dan Fungsinya

Tapi kalau menjadi mitra kerja itukan ada aturan. Tadi kebetulan saya tanya tidak ada pula yang jadi pesaing Kades

Lantik 111 Personel  BPD, Paolus Hadi: BPD Harus Tahu Tugas dan Fungsinya
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Penandatangani berita acara pelantikan anggota BPD se-Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, di aula kantor Bupati Sanggau, Rabu (12/6/2019). 

Lantik 111 Personel  BPD, Paolus Hadi: BPD Harus Tahu Tugas dan Fungsinya

SANGGAU- Bupati Sanggau, Paolus Hadi melantik 111 orang anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, di aula kantor Camat Kapuas, Kabupaten Sanggau, Rabu (12/6/2019).

Bupati Sanggau, Paolus Hadi menegaskan kepada BPD yang dilantik agar tugas fungsinya sebagai BPD harus dipelajari terlebih dahulu.

"Evaluasi kita justru biasa terjadi kesenjangan pemerintahan desa dengan BPD nya kadang-kadang karena tugas fungsinya tidak dipahami. Makanya harus tahu tugas fungsi, "katanya.

Kemudian, harus mau belajar. Tidak bisa lagi sekarang itu bahwa mereka hanya simbol-simbol, karena tugas fungsi mereka kan justru mengawal anggaran, mengawal bagaimana aspirasi masyarakatnya.

Disinggung kemungkinan ada anggota BPD yang sebelumnya menjadi lawan politik Kades ketika Pilkades, Bupati mengingatkan bahwa politik sudah selesai.

"Tapi kalau menjadi mitra kerja itukan ada aturan. Tadi kebetulan saya tanya tidak ada pula yang jadi pesaing Kades, "tegas Paolus Hadi.

Baca: Tjhai Chui Mie dan Kapolda Kalbar Beri Kejutan Tumpeng di Ulang Tahun Pangdam XII/Tpr ke-55

Kepada setiap anggota BPD kita harapkan dapat meningkatkan kapasitas SDM dan inovasinya untuk mengatasi persoalan hubungan disharmonis antara BPD dan Pemerintahan Desa.

"BPD memiliki hak bertanya, konfirmasi mengenai pembangunan desa, terkait program apa saja yang sudah berjalan dan yang tidak dijalankan, " tegasnya.

Paolus Hadi menambahkan, BPD harus bisa menjadi partner kepala desa dalam membangung desanya. BPD harus bisa menjadi pilar utama dan jembatan koordinasi kerja pemerintah desa dan masyarakat.

Baca: Kabar Gembira untuk Bobotoh, Besok Pemain Timnas Turkmenistan Mulai Latihan Bersama Persib Bandung

Baca: Dapat Penghargaan Nasional Sebagai Polisi Teladan, Ini Profil Kompol Syarifah Salbiah

Sementara itu,  Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintahan Desa (DPM Pemdes) Kabupaten Sanggau, Siron MSI berpesan, karena BPD merupakan mitra kerja Kepala Desa, mereka harus belajar terkait fungsi dan tugasnya sebagai BPD.

"Kemudian dalam kerja sama, disamping pengawasan, juga dia memberikan masukan kepada kepala desa. Jangan biarkan kepala desa berjalan sendiri, BPD harus ikut bertanggungjawab apapun permasalahan di desa, BPD harus tahu, "tegasnya.

Dalam pembahasan APBDes mereka harus terlibat, kemudian mebuat aturan, BPD juga harus terlibat. "111 orang dari 20 desa Se-Kecamatan Kapuas, anggota BPD yang dilantik,"tegasnya. 

Sementara itu, Ketua BPD Desa Semerangkai menegaskan, Gusti Darmagat kedepanya pihaknya akan berkerjasama dengan baik bersama pemerintahan desa.

"Terutama masalah infrastruktur, kitakan agak ketinggalan infrastruktur kita, terutama jalannya, "ujarnya.

Penulis: Hendri Chornelius
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved