Curah Hujan di Sintang Bulan Ini Lebih Rendah dan Terjadi Pada Sore Hingga Malam

Annisa Nazmi menyampaikan bahwa terkait dengan curah hujan di bulan Juni ini di Kabupaten Sintang, intensitasnya masih lebih rendah

Curah Hujan di Sintang Bulan Ini Lebih Rendah dan Terjadi Pada Sore Hingga Malam
TRIBUNPONTIANAK/Wahidin
Prakirawan Stasiun Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sintang, Annisa Nazmi. 

Curah Hujan di Sintang Bulan Ini Lebih Rendah dan Terjadi Pada Sore Hingga Malam

SINTANG - Prakirawan Stasiun Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sintang, Annisa Nazmi menyampaikan bahwa terkait dengan curah hujan di bulan Juni ini di Kabupaten Sintang, intensitasnya masih lebih rendah dari bulan Mei.

"Dimana curah hujan di bulan Juni ini berkisar antara 100 hingga 150 milimeter perbulan. Sifat curah hujannya ada penurunan di bawah normal. Kalau misalnya mulai Mei kan normal," ujar Annisa kepada Tribun, Rabu (12/6/2019) pagi.

Baca: TERPOPULER - Usman Siram Air Keras ke Anak Janda Idaman, Zul Zivilia, hingga Pemain Persib Bandung B

Baca: RAMALAN ZODIAK Asmara Rabu 12 Juni 2019, Libra Bertemu Seseorang Romantis, Scorpio Berpetualang

Untuk karakteristiknya sendiri, menurut Annisa masih sama karena di Sintang ini kemungkinan hujan di sore hingga malam hari. Sebab di wilayah Kabupaten Sintang memiliki sifat konveksi yang kuat pada siang hari.

"Jadi suhu rata-rata 33 sampai 35 derajat celcius maksimumnya. Sehingga pada siang hari ada pertumbuhan awan, ketika sudah matang maka akan terjadi hujan. Jadi kemungkinan sore hingga malam hari terjadi hujan," terangnya.

Annisa menyampaikan bahwa suhu cuaca di wilayah Sintang memang terkena sinar matahari yang cukup banyak karena berada di garis equator khatulistiwa. Inilah yang mempengaruhi konveksi yang kuat dan pertumbuhan awan.

Penulis: Wahidin
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved