Indeks Transportasi, Komunikasi dan Jasa Keuangan Alami Deflasi

BPS Provinsi Kalbar kembali mengeluarkan berita resmi terkait Perkembangan Indeks Harga Konsumen atau Infalasi di Ruang Vicon BPS Kalbar

Indeks Transportasi, Komunikasi dan Jasa Keuangan Alami Deflasi
TRIBUNPONTIANAK/Mia Monica
Kepala BPS Provinsi Kalimantan Barat, Pitono saat menyampaikan Berita Resmi Statistik (BPS) Provinsi Kalbar terkait Perkembangan Pariwisata dan Transportasi Kalimantan Barat April 2019, Senin (10/6/2019). 

Indeks Transportasi, Komunikasi dan Jasa Keuangan Alami Deflasi

PONTIANAK - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kalbar kembali mengeluarkan berita resmi terkait Perkembangan Indeks Harga Konsumen atau Infalasi di Ruang Vicon BPS Kalbar, Selasa (11/6/2019).

Kepala BPS Provinsi Kalimantan Barat, Pitono mengatakan kelompok transportasi, komunikasi, dan jasa keuangan pada Mei 2019 mengalami deflasi sebesar 0,86 persen atau terjadi penurunan indeks dari 140,75 pada April 2019 menjadi 139,54 pada Mei 2019.

“Pada Mei 2019, dua subkelompok di kelompok ini naik turun indeksnya yaitu subkelompok transportasi turun 1,00 persen dan subkelompok komunikasi dan pengiriman turun 0,91 persen,” ujar Pitono.

Baca: VIDEO: Bupati Kapuas Hulu Serahkan Bantuan ke Korban Kebakaran

Baca: BREAKING NEWS - Cintanya Ditolak, Usman Tega Siram Anak Janda Idamannya Pakai Air Keras

Baca: Lomba Keselamatan Jalan Dimulai, Pemda dan Polres Landak Gelar Rapat

Sedangkan dua subkelompok lainnya, disebutkan Pitono yaitu subkelompok sarana dan penunjang transportasi dan subkelompok keuangan tidak mengubah indeks.

“Secara keseluruhan kelompok ini pada Mei 2019 memberikan kontribusi deflasi 0,1511 persen. Komoditas yang memberikan kontribusi deflasi adalah angkutan udara, tarif pulsa ponsel, dan sepeda motor,” pungkasnya. (Mia Monica)

Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved