Pasca Libur Panjang, IHSG Dibayangi Terjadi Koreksi

Sejumlah analis memperkirakan pergerakan IHSG akan melanjutkan tren kenaikan, ditopang oleh sentimen positif terkait rilis data BPS hari ini

Pasca Libur Panjang, IHSG Dibayangi Terjadi Koreksi
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Gerat perdagangan saham yang dipantau dari layar monitor

Pasca Libur Panjang, IHSG Dibayangi Terjadi Koreksi

PONTIANAK - Mengawali pekan ini, Senin (10/6/2019), bursa saham Asia dibuka naik, melanjutkan tren kenaikan indeks di bursa saham utama Eropa dan Wall Street akhir pekan lalu.

Dikutip tribunpontianak.co.id dari iPot News, disebutkan bahwa Presiden AS Donald Trump mengumumkan, tidak akan menerapkan tarif terhadap impor barang Meksiko pada Jumat lalu. Sementara Bursa saham Australia hari ini libur.

Baca: Sukses dengan Sajian Lokal, Mercure Pontianak Kini Hidangkan Ikan Lais Bakar Sambal Cencalok

Baca: Prawn Pinapple Sauce, Rasakan Sensasi Lezatnya Sajian Baru Ibis Pontianak City Center

Perdagangan saham hari ini dibuka dengan mencatatkan lompatan indeks Nikkei 225, Jepang sebesar 1,15%, dan kenaikan indeks Topix sebesar 1,01%. Rilis data ekonomi kuartal I, Jepang memperlihatkan kenaikan 2,2% (yoy), melebihi estimasi kenaikan 2,1%. Indeks berlanjut melaju 1,17% (243,41 poin) ke level 21.128,12 pada pukul 8:00 WIB.

Pada jam yang sama indeks Kospi, Korea Selatan naik 0,57% menjadi 2.084,17, setelah dibuka menguat 0,63%, di tengah kenaikan harga saham SK Hynix sekitar 1%. Saham Kia Motors melesat 3,28%, seiring kenaikan harga saham otomotif Jepang dan Korea Selatan pasca pernyataan pembatalan penerapan tarif impor barang Meksiko oleh Trump. Harga saham Toyota naik 1,23% dan Nissan melonjak 1,33%.

Melanjutkan tren kenaikan Asia, indeks Hang Seng, Hongkong dibuka naik, mencapai 0,91% (246 poin) ke level 27.211,28 pada pukul 8:45 WIB. Indeks Shanghai Composite, China menguat 0,26% ke posisi 2.835,03.

Sementara itu pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan ( IHSG ) pagi ini akan dihadapkan pada tren kenaikan indeks di bursa saham global dan regional, setelah libur panjang Lebaran. Pada akhir Mei lalu, IHSG ditutup dengan membukukan lonjakan sebesar 1,72% ke level 6.209.

Sejumlah analis memperkirakan pergerakan IHSG akan melanjutkan tren kenaikan, ditopang oleh sentimen positif terkait rilis data BPS hari ini dan capital inflow , dengan dibayangi kemungkinan koreksi minor pasca libur panjang.

Secara teknikal, beberapa indikator pergerakan indeks mengindikasikan adanya potensi bullish continuation , di area jenuh beli.

Tim Riset Indo Premier berpendapat, ekspektasi investor akan adanya penurunan suku bunga acuan oleh The Fed pada bulan Juni dan Juli akibat melambatnya data tenaga kerja Amerika diprediksi akan menjadi sentimen positif di pasar.

Halaman
12
Penulis: Nina Soraya
Editor: Nina Soraya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved