Citizen Reporter

Makna Idulfitri Menurut Dewan Pembina FKPM Mempawah

Maka lanjut dia, untuk mengimbangi hal tersebut banyak cara agar hari raya tak menjadikan diri kita terlena dan lupa terhadap makna idulfitri itu sen

Makna Idulfitri Menurut Dewan Pembina FKPM Mempawah
TRIBUN PONTIANAK/ANESH VIDUKA
Wali kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono saling bermaaf-maafan dengan warga kota Pontianak usai Salat Idul Fitri 1440H di depan kantor Wali Kota Pontianak, Jalan Rahadi Oesman (kawasan Alun-alun Kapuas), Pontianak, Rabu (5/6/2019). Imam dalam salat Ied ini adalah H.Abdul Syukur Mustafa dan Khatib adalah H.Awwab Ahmad Attamimi. / ILUSTRASI 

Makna Idulfitri Menurut Dewan Pembina FKPM Mempawah

Citizen Reporter
Salihin
Kader PMII Kabupaten Mempawah

MEMPAWAH - Idulfitri 1440 Hijriah memiliki nilai yang sangat berkaitan erat dengan tujuan seorang hamba dalam melaksanakan ibadah puasa di bulan ramadan.

Selama 30 hari lamanya melaksanakan puasa ramadan tentunya seseorang tersebut menginginkan hasil dari apa yang telah mereka lakukan.

Setiap orang tentu memaknai Idulfitri berbeda-beda, tergantung dari kesungguhan seseorang dalam menjalankannya.

Seperti yang dikatakan oleh Dewan Pembina Forum Komunikasi Pemuda Madura (FKPM) Kabupaten Mempawah, Abdul Mutolib, Maka Idulfitri adalah puncak dari pencapaian proses yang di lakukan oleh mereka yang melaksanakan ibada puasa ramadan.

Baca: Pasca-Dilantik, Ini Komitmen Ketua FKPM Mempawah

Baca: PFKPM Mempawah Deklarasi Dukung Sutarmidji dan Ria Norsan

"Dalam penyambutan hari raya Idulfitri tidak jarang kita melihat antusias masyarakat berbondong-bondong memperbaiki rumah, membeli perhiasan, dan lain-lain, ini merupakan budaya yang seolah sudah berakar di masyatakan terkhusus Indonesia," tuturnya, Senin (10/6/2019).

Maka lanjut dia, untuk mengimbangi hal tersebut banyak cara agar hari raya tak menjadikan diri kita terlena dan lupa terhadap makna idul fitri itu sendiri.

"Dalam kesempatan ini sidikit saya paparkan terkait pengertian Idulfitri, sebagai acuan bagi kita dalam berhari raya," ujarnya.

Secara bahasa (harfiah), Idulfitri artinya kembali ke fitrah, kata fitrah dari kata futhur yang artinya kembali makan pagi (sarapan).

Halaman
12
Penulis: Ya'M Nurul Anshory
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved