Bupati Rupinus Pesan Nilai-nilai Pancasila Harus Direfleksikan Dalam Kehidupan Sehari-hari

Bupati Sekadau, Rupinus menuturkan, pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa me

Bupati Rupinus Pesan Nilai-nilai Pancasila Harus Direfleksikan Dalam Kehidupan Sehari-hari
TRIBUN PONTIANAK/ANESH VIDUKA
Bupati Sekadau, Rupinus saat diwawancara awak media dalam acara Penyerahan laporan hasil pemeriksaan atas laporan keuangan pemerintah daerah tahun anggaran 2018 di kantor BPK Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat, Jalan A Yani, Pontianak, Selasa (28/5/2019). Pemkab Sekadau mendapatkan Predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). 

Bupati Rupinus Pesan Nilai-nilai pancasila Harus Direfleksikan Dalam Kehidupan Sehari-hari

SEKADAU - Pemkab Sekadau menggelar upacara peringatan hari kelahiran pancasila yang jatuh pada 1 Juni di Halaman Kantor Bupati Sekadau.

Bupati Sekadau, Rupinus menuturkan, pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan anugerah tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia

"Peringatan hari lahir Pancasila menjadi refleksi agar nilai-nilai pancasila dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun negara masih dapat bertahan hingga kini berkat pancasila,. Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan," ujar Rupinus.

Ia mengatakan, pengamalan nilai-nilai pancasila harus dilakukan dan diperjuangkan secara terus menerus.

Baca: Bupati Rupinus Minta Warga Tidak Berlebihan Saat Lebaran

Baca: Bupati Rupinus Resmikan Gereja Katolik Stasi Seladan, Sampaikan Pesan Berikut

"Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Karena berkat pancasila yang berkelindan dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong keberagaman yang ada menjadi suatu berkah. Berkat pancasila juga sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan Bhinneka Tunggal Ika," tuturnya.

Menurutnya, yang diperlukan saat ini bagaimana mengamalkan dan mengamankan pancasilan secara simultan dan terus menerus.

Ia berharap, momentum peringatan hari lahir pancasila untuk menyonsong kehidupan berbangsa dna bernegara yang lebih baik.

Baca: Bupati Rupinus Apresiasi Rakor Persiapan Pemilukada 2020

Baca: Sambut Rombongan Safari Ramadan Bupati Rupinus, Ini Kata Camat Sekadau Hulu

"Pancasila sebagai leitstars dinamis, bintang penuntun mengandung visi dan misi negara yang memberikan orientasi, arah perjuangan dan pembangunan bangsa kedepan. Sebagai energi positif bangsa, pancasla terus memberikan harapan untuk masa depan khususnya merealisasi visi dan misi bangsa Indonesia," ungkapnya.

Karna itu ia mengajak semua pihak untuk terus menerus secara konsisten merealisasikan pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia.

"Mari kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan," pungkasnya. (ian).

Penulis: Try Juliansyah
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved