Masjid Pertama di Athena Siap Diresmikan September Mendatang

Pemerintah Yunani akan segera meresmikan masjid resmi pertama di Athena pada bulan September mendatang.

Masjid Pertama di Athena Siap Diresmikan September Mendatang
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Warga Muslim Yunani beribadah di bangunan masjid resmi pertama di Athena, yang akan resmi dibuka pada September mendatang.(AFP / ARIS MESSINIS) 

Masjid Pertama di Athena Siap Diresmikan September Mendatang

Pemerintah Yunani akan segera meresmikan masjid resmi pertama di Athena pada bulan September mendatang.

Masjid tersebut akan siap digunakan untuk beribadah puluhan ribu umat Muslim di Athena setelah melalui proses pembangunan selama lebih dari satu dekade.

"Kami berharap ibadah resmi pertama akan dapat digelar di masjid ini pada bulan September," ujar Menteri Pendidikan Yunani Costas Gavroglu, Jumat (7/6/2019).

Ditambahkannya, kompleks masjid tersebut jika sudah rampung dibangun akan dapat menampung hingga 350 jemaah.

Dilansir AFP, imam masjid, Zaki Mohammed menambahkan, proses pembangunan masjid secara keseluruhan telah selesai, namun pengurus masjid baru akan ditugaskan setelah pemilihan nasional pada 7 Juli mendatang.

Baca: Presiden China Keluarkan Pernyataan Siap Berbagi Jaringan 5G Kepada Negara Mitra

Baca: PMI Sanggau Berupaya Pihaknya Dapat Mempermudah Masyarakat Update Informasi Stok Darah

Baca: Ahmad Dhani Lebaran di Penjara, Al El Dul Malah Pilih Rayakan Bersama Maia Estianty & Bapak Tirinya

Athen menjadi ibu kota negara Eropa terakhir yang belum memiliki bangunan masjid resmi. Proyek pembangunan masjid tersebut sebenarnya telah dimulai pada 2007 silam, namun mendapat tentangan keras dari Gereja Ortodoks Yunani, serta dibayangi sentimen nasionalis terhadap negara tetangga Muslim, Turki.

Yunani telah berada di bawah pendudukan kekaisaran Ottoman selama berabad-abad. Ada sejumlah undang-undang yang telah disusun untuk membangun masjid resmi di Athena sejak 1890.

Dengan diawasi langsung oleh negara Yunani, masjid tanpa menara itu dibangun di kawasan industri Eleonas, dekat sebuah kamp pengungsian.

Masjid-masjid di Yunani telah dipugar dan berubah fungsi atau dihancurkan setelah terjadinya perang kemerdekaan dari Kekaisaran Ottoman pada 1821.

Satu-satunya masjid yang disetujui secara resmi di negara itu adalah sebuah masjid di wilayah utara yang berbatasan dengan Turki, tempat di mana sekitar 150.000 anggota minoritas Muslim Yunani tinggal. Diperkirakan ada sekitar 300.000 umat Muslim di wilayah Athena yang lebih luas.

Di tempat lain di negara itu, komunitas Muslim yang banyak di antaranya adalah pengungsi dan migran, beribadah dengan mengubah flat maupun ruang bawah tanah sebagai masjid dan mushala.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Masjid Resmi Pertama di Athena Siap Dibuka pada Bulan September

Editor: Madrosid
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved