BMKG Klimatologi Mempawah Prediksi Dasarian I Bulan Juni Curah Hujan Diprakirakan Meningkat

Analisis curah hujan di wilayah Kalimantan Barat pada dasarian III Mei 2019 secara umum terjadi hujan kategori Rendah

BMKG Klimatologi Mempawah Prediksi Dasarian I Bulan Juni Curah Hujan Diprakirakan Meningkat
BMKG
Peringatan Dini BMKG untuk 2 Wilayah di Kalbar & Prakiraan Cuaca Kalbar Kamis 4 April 2019 

BMKG Klimatologi Mempawah Prediksi Dasarian I Bulan Juni Curah Hujan Diprakirakan Meningkat

PONTIANAK - Analisis curah hujan di wilayah Kalimantan Barat pada dasarian III Mei 2019 secara umum terjadi hujan kategori Rendah hingga Menengah dengan curah hujan berkisar antara 20 – 100 mm/dasarian.

Sifat hujan pada dasarian III Mei 2019 secara umum termasuk dalam kategori Bawah Normal hingga Normal.

Monitoring hari tanpa hujan di Kalimantan Barat terpantau secara umum berada dalam kategori sangat pendek (1-5 hari) hingga pendek (6-10 hari).

Informasi *kualitas udara PM10 maksimum* sebesar 45.2 µg/m3 dengan kategori Baik terjadi pada tanggal 25 Mei 2019 pukul 10:00 WIB.

Kondisi indeks Nino 3.4 terpantau sebesar (+0.71) berada pada fase El Nino lemah. Indeks Dipole Mode terpantau sebesar 0.58 (DM +). Anomali suhu permukaan laut di sekitar wilayah Kalimantan Barat cenderung normal hingga positif antara (0) hingga (+0.4).

Baca: Ponsel Huawei Dirundung Masalah Pasca di Black Lis AS, Tidak Bisa Pasang Facebook, WA dan Instagram

Baca: 6 Ruko Kebakaran Dekat Ramayanan, Pemadam Sampai 3 Jam Berjibaku Padamkan Api

Baca: 6 Unit Ruko di Jalan Tanjungpura Dilalap Api, Ini Keterangan Kapolsek Pontianak Selatan

Adanya belokan angin di sepanjang equator termasuk Kalimantan Barat menjadi pemicu terbentuknya awan-awan konvektif yang menyebabkan terjadinya peningkatan curah hujan di Kalimantan Barat.

Secara umum curah hujan di wilayah Kalimantan Barat pada dasarian I Juni (01-10 Juni 2019) diprakirakan berkisar antara 60-120 mm/dasarian dimana curah hujan Kalimantan Barat wilayah hulu diprakirakan lebih tinggi dibanding wilayah pesisir.

Distribusi curah hujan 10 hari kedepan diprakirakan pada awal dasarian sama dengan akhir dasarian sebelumnya kemudian meningkat pada pertengahan dasarian dan berangsur menurun pada akhir dasarian.

Perlu diwaspadai dampak dari peningkatan curah hujan mulai menjelang pertengahan dasarian I Juni 2019. Masyarakat dihimbau untuk selalu waspada serta mengantisipasi potensi munculnya genangan, terutama pada pemukiman di sekitar daerah aliran sungai.

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved