Danlantamal XII Pontianak Hadiri Festival Meriam Karbit Pontianak

Turut hadir pada acara tersebut Gubernur Kalbar beserta ibu, Pangdam XII/Tpr beserta ibu, Kapolda Kalbar beserta ibu

Danlantamal XII Pontianak Hadiri Festival Meriam Karbit Pontianak
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Danlantamal hadiri acara Festival Meriam Karbit dalam rangka peringatan Hari Raya Idul Fitri 1440 H bertempat di Jl. Adi Sucipto Gg. Hj. Mailamah Kelurahan Bangka Belitung Laut KecamatanPontianak Tenggara, Selasa (4/6/2019) malam.‎ 

Danlantamal XII Pontianak Hadiri Festival Meriam Karbit Pontianak

PONTIANAK - Komandan Lantamal XII Pontianak Laksma TNI Gregorius Agung W. D. M.Tr (Han) menghadiri  Acara Festival Meriam Karbit dalam rangka peringatan Hari Raya Idul Fitri 1440 H bertempat di Jl. Adi Sucipto Gg. Hj. Mailamah Kelurahan Bangka Belitung Laut KecamatanPontianak Tenggara, Selasa (4/6/2019) malam.‎

Acara Festival Meriam Karbit dalam rangka peringatan Hari Raya Idul Fitri 1440 H merupakan agenda tahunan kota Pontianak saat malam takbiran yang diikuti sekitar 259 batang meriam karbit dari 39 kelompok.

Permainan meriam karbit tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan masyarakat Pontianak terutama yang bermukim di pinggiran Sungai Kapuas selain itu meriam karbit juga merupakan bagian dari historis  berdirinya Kota Pontianak dan saat ini sudah mendapat pengakuan sebagai budaya tak benda oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Gubernur Kalbar H. Sutarmidji, dalam kata sambutannya menyampaikan bahwa permainan Meriam Karbit menarik wisatawan dari berbagai Manca Negara  dan berharap agar jangan sampai luntur budaya ini dan perlu dilestarikan bukan hanya pada bulan puasa saja tapi pada hari-hari besar lainnya.

Baca: Kapolda Didi Haryono dan Jajaran Salat Ied di Lapangan Jananuraga Mapolda Kalbar

Baca: Pangdam XII/Tpr dan Forkopimda Kalbar Buka Festival Meriam Karbit 2019

Hal serupa ditambahkan Wali Kota Pontianak Ir H. Edi Rusdi Kamtono, menyampaikan bahwa Permainan Meriam Karbit merupakan permainan tradisi masyarakat Pontianak yang sudah turun temurun dan menandai bahwa Bulan Suci Ramadhan telah meninggalkan kita dan masuknya Idul Fitri.

 Turut hadir pada acara tersebut Gubernur Kalbar beserta ibu, Pangdam XII/Tpr beserta ibu, Kapolda Kalbar beserta ibu, Danlanud Supadio beserta ibu, Walikota Pontianak beserta ibu, Wakapolda Kalbar, Ka Binda Kalbar, Ka Kansar Pontianak, Rektor Untan, Tokoh Masyarakat dan Tokoh adat setempat.

Penulis: Hadi Sudirmansyah
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved