Dishanpang Hortikan Sanggau Bentuk Kelompok Pengawas Perikanan

"Dikaitkan dengan jumlah penduduk sekarang ini, kita harus mencapai produksi lebih kurang 14 ribu ton. Dan harapan kita dari lokal, ”jelasnya.

Dishanpang Hortikan Sanggau Bentuk Kelompok Pengawas Perikanan
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perikanan (Dishangpang Holtikan) Kabupaten Sanggau, H John Hendri 

Dishanpang Hortikan Sanggau Bentuk Kelompok Pengawas Perikanan

SANGGAU - Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan (Dishangpang Hortikan) Kabupaten Sanggau, H John Hendri menyampaikan, Dua pilihan program perikanan di Sanggau, diantaranya budi daya kolam dan keramba.

“Dan pemerintah juga setiap tahunya melakukan pendampingan kepada masyarakat khususnya petani yang sudah mempunyai kolam, ” katanya, Sabtu (1/6/2019).

Jadi, lanjut Hendri, saranya sudah dimiliki oleh petani, baru saprodinya dari pemerintah. Itu yang sekarang kita arahkan.

“Karena sekaligus juga mengajari bahwa petani tidak semuanya hari dari pemerintah. Jadi ibaratnya ada kontribusi juga petani sendiri. Kalau sudah ada kolam, kita bantu benih dan pakan, dan mungkin ada peralatan lain, ”tegasnya.

Baca: Dishanpang Hortikan Sanggau Sambut Baik Pelepasan Ekspor Komoditi Pertanian, Ini Harapanya

Baca: Dishanpang Hortikan Sanggau Rekrut 20 Fasilitator Desa

Sebelumnya, memang petani menerima dari A sampai Z, tapi sekarang kita sudah mulai kurangi.

Dan ada beberapa masyarakat yang punya kolam ikan dan ajukan proposal ke kita, baru nanti studi kelayakanya ke lapangan.

“Itu yang dibantu, dan itu bentuk kelompok. Seperti sekarang ini yang banyak berhasil keramba ikan. Seperti misalnya di Sungai Ranas, Sengkuang. Itu berhasil membudidaya ikan didalam keramba, ” ujarnya.

Hendri menambahkan, jika berbicara soal kebutuhan ikan, kita juga sudah memasukan ke dalam rencana strategis (Renstra) Dinas sesuai dengan visi misi Bupati dan Wakil Baupati Sanggau, paling tidak kita punya produksi lebih kurang 14 ribu ton.

“Dan dikaitkan dengan jumlah penduduk sekarang ini, kita harus mencapai produksi lebih kurang 14 ribu ton. Dan harapan kita dari lokal, ”jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Hendri Chornelius
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved