Dishub Kapuas Hulu Ingatkan Jasa Angkutan Umum Utamakan Keselamatan Penumpang

Jangan maksakan keadaan dan kami bersama aparat selalu memantau perkembangan arus mudik, bahkan sebelumnya juga telah dilakukan uji kelayakan angkutan

Dishub Kapuas Hulu Ingatkan Jasa Angkutan Umum Utamakan Keselamatan Penumpang
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/WAHIDIN
Deretan bus yang merupakan transportasi arus mudik lebaran jalur darat saat terparkir di Terminal Sungai Durian, Kabupaten Sintang, Rabu (29/5/2019) sore. / ILUSTRASI 

Dishub Kapuas Hulu Ingatkan Jasa Angkutan Umum Utamakan Keselamatan Penumpang

KAPUAS HULU - Jelang hari raya idul Fitri, Kepala Dinas Perhubungan Kapuas Hulu, Abdul Halim mengimbau agar layanan jasa angkutan umum bagi pemudik baik jalur darat, dan air untuk mengutamakan keselamatan penumpang dan tertib lalu lintas.

"Untuk arus mudik tidak ada kendala, hanya saja kita minta angkutan umum mengutamakan keselamatan penumpang. Jangan maksakan keadaan dan kami bersama aparat selalu memantau perkembangan arus mudik, bahkan sebelumnya juga telah dilakukan uji kelayakan angkutan umum," ujarnya kepada wartawan, Jumat (31/5/2019). 

Untuk di wilayah Kapuas Hulu ada beberapa armada bus untuk angkutan antar kabupaten ke ibu kota provinsi yaitu Bus Hidayah jurusan Putussibau - Pontianak pulang pergi (PP), Putussibau - Sintang PP, kemudian Sentosa jurusan Putussibau - Pontianak PP.

Baca: Kreatifitas AKBP di Kapuas Hulu Pasang Lampu Hias di Jalan, Bikin Ramadhan Meriah

Baca: Sat Polair Polres Kapuas Hulu Laksanakan Safari Ramadan di Perbatasan

"Jangan sampai membawa muatan berlebihan, sehingga tidak mengutamakan keselamatan penumpang, karena itu sudah ada standar muatan. Kami akan menindak apa bila tak sesuai dengan standar muatan," ucapnya.

Abdul Halim menjelaskan, trayek lain juga dipantau seperti jurusan ibu kota kabupaten-kecamatan. 

Sedangkan untuk transportasi jalur sungai, kata Halim digunakan untuk daerah pesisir Sungai Kapuas, seperti ke Embaloh Hilir, Bunut Hilir dan Jongkong.

"Kami juga sudah memberikan imbauan untuk jalur air agar keselamatan penumpang juga diperhatikan, karena memang jalur air ini sangat rawan. Sebab angkutan air atau transportasi air belum lengkap sarana, dan prasarana untuk keselamatan seperti pelampung dan baju pelampung," ujarnya.

Baca: Tokoh Masyarakat Apresiasi Pemda Kapuas Hulu Dapat Opini WTP

Dengan demikian diharapkan,  arus hilir mudik lebaran di Kapuas Hulu dapat berjalan aman dan lancar, serta para pemudik bisa sampai tujuan dengan selamat dan dapat berkumpul bersama keluarga untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri.

"Sekali lagi utamakan keselamatan di jalan, hingga sampai tujuan," ungkapnya. (rul)

Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved