Citizen Reporter

Perpustakaan IAIN Pontianak Fokus Kembangkan Newsletter Bentuk Literasi

Seseorang tidak perlu rapi secara fisikal melainkan pikiran rapi, karena menulis membutuhkan kerapian pemikian

Perpustakaan IAIN Pontianak Fokus Kembangkan Newsletter Bentuk Literasi
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Gedung Kampus IAIN Pontianak. 

Citizen Reporter
Mahasiswa IAIN Pontianak, Nursieh

PONTIANAK - Newsletter atau buletin yang juga disebut in house journal merupakan kumpulan berbagai informasi yang singkat, padat dan jelas yang disajikan dengan menarik. 

Selain itu newsletter hampir sama dengan majalah, hanya saja halamannya lebih sedikit dibandingkan majalah.

Newsletter juga bentuk literasi yang  sepertinya hal ini menjadi perhatian Pusat Perpustakaan IAIN Pontianak. 

Baca: VIDEO: Tausiyah Ramadan di Buka Puasa Bersama Polres Sambas

Baca: Prediksi Persipura Vs PSS Sleman Shopee Liga 1 2019 Live Streaming Indosiar Pukul 18.00 WIB

Hal tersebut dapat dilihat ketika Pusat Perpustakaan IAIN Pontianak mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penerbitan Newsletter Perpustakaan di Hotel Borneo, Minggu (27/5/2019) lalu yang dibuka secara resmi oleh Firdaus Ahmad.

Bimtek pertama kalinya oleh Pusat Perpustakaan IAIN tersebut dihadiri oleh Kepala Perpustakaan IAIN Pontianak, Slamet Widodo, Wakil Rektor 3 bidang Akademik Pengembangan Lembaga IAIN Pontianak, Firdaus Ahmad, Para Staf Perpustakaan IAIN Pontianak serta peserta mahasiswa-mahasiswi yang berasal dari beberapa kampus diantaranya Kampus IAIN Pontianak sendiri, Club Menulis IAIN Pontianak, Universitas Terbuka Prodi S1 Perpustakaan, FKIP Untan /D3 Perpustakaan, dan Fisip Untan/(Ilmu Perpustakaan, Ilmu Politik, Ilmu Sosiologi) yang keseluruhan sekitar kurang lebih diikuti oleh 35 orang peserta. 

“Seseorang tidak perlu rapi secara fisikal melainkan pikiran rapi, karena menulis membutuhkan kerapian pemikian,” kata Firdaus Ahmad.

Bimtek kali ini membahas empat materi dengan pemateri yang berkompeten dibidangnya diantaranya materi tentang cara penerbitan Newsletter dan Redaksi, bagaimana menulis berita dan opini dengan baik, Fotografer (dimana fotografi yang baik penting dalam junalistik), dan terakhir pengenalan software IndeSign untuk proses Layout atau pengeditan. 

Kegiatan ini berlangsung selama satu hari tersebut diikuti peserta yang begitu antusias mengikuti Bimbingan teknis ini yang kemudian ditutup secara resmi pula oleh Kepala perpustakaan IAIN Pontianak dengan harapan setelah bimtek tersebut dapat memunculkan atau menumbuhkan rasa cinta literasi.

Mengingat masih dalam moment bulan suci Ramadan kegiatan diakhiri dengan buka puasa bersama.

Penulis: Syahroni
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved