Breaking News:

Pemkab Landak Adakan Pemurnian Varietas Padi Lokal

Pengawas Benih Kabupaten Landak Benhard menyampaikan bahwa kegiatan ini memiliki beberapa tujuan yang ingin dicapai.

Penulis: Alfon Pardosi | Editor: Ishak
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Tim pemurnian padi lokal di lahan sawah Badan Penyuluhan Pertanian (BP2K) Kecamatan Jelimpo, tepatnya di Desa Tubang Raeng pada Selasa (28/5/2019) 

Pemkab Landak Adakan Pemurnian Varietas Padi Lokal 

LANDAK - Pemerintah Kabupaten Landak melalui Dinas Pertanian Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPPKP) adakan pemurnian tiga varietas padi lokal asal Kabupaten Landak yaitu padi lokal poron, padi lokal Merah dan padi lokal sangkik.

Ketiga varietas padi lokal yang dimurnikan di tanam oleh tim pemurnian padi lokal di lahan sawah Badan Penyuluhan Pertanian (BP2K) Kecamatan Jelimpo, tepatnya di Desa Tubang Raeng pada Selasa (28/5/2019).

Kegiatan tanam padi lokal ini dihadiri oleh Pengawas benih Kabupaten Landak Benhard, Kepala Badan Penyuluhan Pertanian (BP2K) Kecamatan Jelimpo Firminus dan Tim pemurnian padi lokal Kabupaten Landak.

Kegiatan ini dilaksanakan melalui usulan program Dinas Pertanian Provinsi Kalimantan Barat, Satuan kerja Unit Pengawasan Sertifikasi Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura (UPSBTPH) Provinsi Kalimantan Barat.

Baca: Ikut Buka Puasa Keluarga Besar Yon Armed 16/Komposit Ngabang, Bupati Landak Sampaikan Pesan Ini

Baca: Polres Landak Tangkap Bandar Narkoba Asal Singkawang, Target Operasi Sejak Awal Tahun

Pengawas Benih Kabupaten Landak Benhard menyampaikan bahwa kegiatan ini memiliki beberapa tujuan yang ingin dicapai.

"Pelaksanaan pemurnian ini bertujuan untuk menyiapkan benih sumber sehingga diperoleh benih padi lokal yang murni tidak tercampur dengan varietas lain, memurnikan atau menyeleksi benih padi lokal poron, merah dan sangkik di pertahanan sehingga dihasilkan benih padi lokal yang murni, seragam dan tersedianya benih sumber," jelas Benhard.

Selain itu menurut Benhard  bertujuan untuk menyusun deskripsi sementara dan karakteristik keunggulan ketiga varietas padi lokal poron, merah dan sangkik serta melestarikan plasma nutfah ketiga varietas padi lokal tersebut.

Baca: Polres Landak Hadiri Malam Perpisahan Santri Ponpes Lirboyo Kediri Jawa Timur

Baca: Melalui Program KUR dan UMi, Karolin Berharap Pertumbuhan Ekonomi di Landak Meningkat

Sementara itu Firminus selaku Kepala Badan Penyuluhan Pertanian Kecamatan Jelimpo ( BP2K) yang juga tergabung dalam tim pemurnian padi lokal berharap kedepannya varietas padi lokal yang dimurnikan dapat di perpendek masa vegetatifnya, dan peningkatan produksinya agar tetap mempertahankan sifat asli.

"Kita berharap kedepannya varietas padi lokal yang dimurnikan dapat di perpendek masa vegetatifnya, dan peningkatan produksinya agar tetap mempertahankan sifat asli yang diminati masyarakat seperti rasa dan aromanya," harap Firminus.

Selanjutnya Firminus berharap dengan upaya pemurnian padi lokal akan mendapatkan benih padi unggul yang baik untuk masyarakat.

"Semoga upaya pemurnian varietas padi lokal ini bisa berjalan sesuai dengan persncanaan, sehingga didapatkan varietas padi lokal yang dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan akan benih unggul yang menjadi salah satu faktor kunci keberhasilan kegiatan usaha tani," pungkas Firminus.  (*alf). 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved