Jelang Idul Fitri, Pemudik Lewat Transportasi Darat di Ketapang Terpantau Relatif Meningkat

"Saat ini lonjakan pemudik menjelang lebaran banyak menggunakan alternatif transportasi darat," jelasnya, Rabu (29/05/2019). ‎

Jelang Idul Fitri, Pemudik Lewat Transportasi Darat di Ketapang Terpantau Relatif Meningkat
AFP/Getty Images
ILUSTRASI 

Jelang Idul Fitri, Pemudik Lewat Transportasi Darat di Ketapang Terpantau Relatif Meningkat

KETAPANG - Kepala Bidang Perhubungan Darat Dinas Perhubungan Kabupaten Ketapang, MF Yuliansyah mengatakan, menjelang perayaan hari raya idul fitri 1440 H arus lalu lintas di Kabupaten Ketapang mulai tampak mengalami peningkatan.

Satu diantara penyebabnya menurut Yuliansyah lantaran masyarakat bayak melakukan perjalanan pulang kampung, baik yang di dalam kota maupun di luar kota.‎

"Saat ini lonjakan pemudik menjelang lebaran banyak menggunakan alternatif transportasi darat," jelasnya, Rabu (29/05/2019).

Hal ini dinilainya terbukti dengan cukup padatnya arus lalu lintas saat ini, dan lebih awal kepadatan lalu lintasnya dibanding tahun lalu.‎

Baca: Safari Ramadan Pemprov Kalbar di Ketapang, Berikan Motivasi Tingkatkan Pembangunan dan Persaudaraan

Baca: Jadwal Berangkat Mudik Gratis BUMN 2019 Indofarma, Tiga Rute Bus Jakarta-Yogyakarta & Bekasi-Solo

"Salah satu tolak ukur mengetahui lonjakan pemudik dapat dilihat dari ramainya lalu lintas sekarang ini," ungkapnya.

Ia menambahkan selain menggunakan jalur darat, arus pemudik yang melalui transportasi udara juga mengalami peningkatan.

"Ini kita ketahui bahwa dari hasil pantauan terhadap penjualan tiket pesawat sekarang ini agak sedikit susah didapat," ucapnya.

Lebih lanjut, menurutnya untuk meminimalisir lonjakan pemudik, khusus luar kota pada momentum lebaran kali ini dengan melalui jalur air sebenarnya salah satunya dengan pengoperasian kapal express.

Baca: Akan Kembali Beroperasi, Pemda Ketapang Kaji Subsidi Kapal Express

Baca: Jika Tidak Ada Subsidi, Kapal Express di Ketapang Diyakini Terancam Gagal Beroperasi

"Hanya saja sekarang belum dimulai, karena pengoperasian kapal ini masih dalam pertimbangan Pemkab atas permintaan subsidi tiket pihak penyedia jasa," ujarnya.

‎Sementara untuk kesiapan Dishub sendiri menjelang lebaran, pada jalur udara, menurut pria yang kesehariannya disapa Aan ini menjelaskan pihaknya telah menjalin kerjasama dengan bandara Rahadi Oesman.

"Kemudian juga terus memantau perkembangan transportasi darat maupun udara. Yang jelas Dishub akan berperan aktif dalam pengamanan lalu lintas jelang lebaran serta memastikan berjalan lancar," tegasnya

Penulis: Nur Imam Satria
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved