Ramadan

Ini Penyebab Jemaah Sebagian Masjid di 10 Hari Terakhir Ramadan Merosot

pada masa dahulu bagaimana ibadah umat pada 10 pertama Ramadan hebat, kedua meningkat dan 10 terakhir semakin dahsyat.

Ini Penyebab Jemaah Sebagian Masjid di 10 Hari Terakhir Ramadan Merosot
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ANESH VIDUKA
Sejumlah jamaah beritikaf di Masjid Mujahidin Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu (13/6/2018) malam. TRIBUN PONTIANAK/ANESH VIDUKA 

Ini Penyebab Jemaah Sebagian Masjid di 10 Hari Terakhir Ramadan Merosot

PONTIANAK - Ustaz H Abdul Aziz mengatakan merosotnya jemaah sebagian masjid pada 10 terakhir Ramadan dipengaruhi beberapa faktor.

Ia menjelaskan berkurangnya jemaah walaupun tidak semua masjid, itu sangat dipengaruhi pandangan sebagai umat muslim, ketika menghadapi atau akan memasuki bulan Ramadan.

"Kalau jaman Rasulullah, enam bulan sebelum Ramadan itu para pengikut-pengikut nabi sudah siap. Kalau enam bulan sudah siap, apalagi empat bulan, apalagi dua bulan. Bahkan Nabi memohon agar diberkati dua bulan yakni rajab dan syaban dan sampai Ramadan," jelasnya

Dengan apa yang terjadi dimasa Rasulullah tersebut, ia menyimpulkan bahwa yang dipersiapkan oleh pengikut Nabi kala itu dalam menyambut Ramadan yakni mental dan rohani. Bukan fisik dan materi.

Baca: Konsultasi Ramadan: Apa Hukum Jualan Makanan Siang Hari di Bulan Ramadan ?

Baca: Jemaah Iktikaf Masjid Raya Mujahidin Pontianak Capai 1.547 Orang, Diprediksi Terus Bertambah

"Kalau sekarang kita mau menyambut Ramadan bukan kita pikirkan puasanya, tapi lebaranya. Fisik dan materi yang kita siapkan. Lihat toko butik sudah penuh, kursi jati berdatangan. Toko meble sudah disibukan," ujarnya

Oleh karena itu, pada masa dahulu bagaimana ibadah umat pada 10 pertama Ramadan hebat, kedua meningkat dan 10 terakhir semakin dahsyat.

" Tidak ada istilah melorot. Kalau kita dari atas kebawah, kelau mereka naik grafiknya.

Kenapa orang dulu seperti itu, karena mereka memandang disepuluh terakhir Allah SWT menurunkan fadilah luar biasa. Ada suatu malam yakni malam seribu bulan ," tukasnya. (zul)

Penulis: Zulkifli
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved