Kampung Berseri Astra Sungai Jawi Kini di Level Madya

Terdapat 65 titik program KBA di Indonesia dan saat ini baru ada 4 titik yang mendapatkan bintang 5.

Kampung Berseri Astra Sungai Jawi Kini di Level Madya
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/MIA MONICA
Manajemen Astra bersama masyarakat Kampung Bestari Astra (KBA) di Masjid Al-Qodri Gang Margodadi Rejo 2 jalan H Rais A Rachman, Sungai Jawi kecamatan Pontianak Kota, Selasa (28/5/2019). 

Kampung Bestari Astra Sungai Jawi Kini di Level Madya

PONTIANAK - Koordinator wilayah Astra Group Kalbar, Cito Kurnia mengatakan sudah hampir sudah empat tahun Kampung Berseri Astra (KBA) berdiri.

Dengan berpegang pada empat pilar yaitu yaitu kewirausahaan, pendidikan, kesehatan dan lingkungan untuk mengukur perkembagan KBA, Selasa (28/5/2019).

“KBA ini ada stratanya yaitu bintang 1 yang paling rendah dan bintang 5 yang paling tinggi, Alhamdulillah kita di Maret lalu sudah masuk di strata bintang 3, artinya kita sudah berada di level madya,” ujar Cito.

Cito mengatakan indikator medapatkan bintang sangat banyak.

Baca: VIDEO: Jelang Hari Raya Astra Group Gelar Paket Sembako Murah

Baca: Ketua Masjid Alqodri Puji Program Kampung Berseri Astra

“Misalnya bintang satu dari sisi pendidikan itu 70 persen, warga setempat harus bisa baca tulis, kalau level 2 itu harus 90 persen yang bisa baca tulis. Banyak KPI lain untuk naik bintang dan itu tidak mudah,” ungkapnya.

Terdapat 65 titik program KBA di Indonesia dan saat ini baru ada 4 titik yang mendapatkan bintang 5.

“Ini menjadi PR kita untuk kesehahteraan kampung yang ada. Suatu kampung itu minimal dikembangkan 5 tahun. Kalau misalnya warganya antusias, banyak yang berpartisipasi bisa saja dilanjutkan ke periode selanjutnya, walaupun bintangnya tidak naik tapi partsisipasi warganya yang banyak. Tolak ukurnya lebih ke CSR,” jelasnya kepada Wartwan saat ditemui di Masjid Al-Qodri.

Baca: Didukung Sinarmas Hingga Astra Motor Pontianak, Pemred Tribun Pontianak Buka Bazar Ramadan Tribun

Baca: Memimpin Pangsa Pasar, Astra Motor Pontianak Pastikan Kembali Gulirkan Program Loyalty

Dikatakannya juga sesudah dari bintang 4 ke bintang 5, ketika kampung tersebut dinilai sudah cukup mandiri, Astra bisa memindahkannya ke kampung yang lain. 

Pada akhir tahun lalu, Astra juga sudah membuat MOU dengan Universitas Tanjungpura (Untan). Untuk Mencapai empat pilar tersebut, Astra dibantu oleh program-program yang baik dari Untan.

“Harapannya lewat kerjasama dari warga KBA yang ada, dari Astra dan di suport oleh program-program dari Untan, bisa naik ke level 4. Dari kesehatan bisa naik 1 bintang, dari sisi lingkungan dan kesehatan bisa naik 1 bintang dari kewirausahaan diharapkan bisa naik 2 bintang,” tutupnya. (Mia Monica)

Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved