Ramadan

Yuk Tunaikan Zakat, Ini Keutamaanya

Adapun bagi mereka yang tidak mampu maka termasuk dalam golongan penerima zakat yakni mustahiq.

Yuk Tunaikan Zakat, Ini Keutamaanya
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ZULKIFLI
Petugas Baznas Kalbar siap melayani pembayaran zakat di Kantor Baznas lantai dasar Masjid Mujahidin, Senin (27/5/2019) 

Yuk Tunaikan Zakat, Ini Keutamaanya

PONTIANAK - Menunaikan Zakat merupakan rukun Islam, hukumnya wajib dilaksanakan setiap Muslim. Disamping sebagai kewajiban, zakat tentunya memiliki berbagai keutamaan dan manfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

Kewajiban khususnya zakat Fitrah setiap individu sebesar 2,5 kilo gram beras dikeluarkan pada bulan Ramadan atau sebelum salat Idul Fitri.

Dosen IAIN Pontianak Ustaz Harjani Hefni menjelaskan, zakat dibagi nenjadi dua yakni zakat fitrah dan zakat maal atau zakat harta.

Baca: Prediksi Skor Arema FC Vs Persela Lamongan Live Streaming Indosiar Pukul 20.30 WIB

Baca: Ingin Buat SIM di Polres Sintang? Ini Syarat-syaratnya 

Zakat fitrah hukumnya wajib untuk setiap individu beragama Islam dan dibayarkan sebelum salat Idul Fitri. "Jadi boleh dibayarkan sejak Ramadan saat ini," uja Harjani, Senin (27/5/2019)

Sementara untuk zakat maal atau zakat harta juga terbagi beberapa macam .

Tergantung dari jenis hartanya. Adapun jenisnya di antaranya zakat hewan ternak, hasil pertanian, emas dan perak, harta perniagaan, hasil tambang,barang temuan hingga zakat profesi.

"Misalnya kita punya tabungan, syaratnya pertama harus sampai nisabnya atau ukuran standar minimal zakat maal yakni setara 85 gram emas.  Kemudian harus sampai haulnya, yakni satu tahun. Jika sudah sampai bisab dan haulnya maka wajib keluarkan zakat hartanya," jelasnya

Adapun bagi mereka yang tidak mampu maka termasuk dalam golongan penerima zakat yakni mustahiq.

Ada delapan golongan penerima zakat di antaranya fakir, miskin, hamba sahaya, mualaf, fisabilillah , ibnu sabil atau musafir, gharim atau orang yang banyak hutang dan amil zakat

"Keutamaan zakat membersihkan harta kita karena dari harta kita tersebut ada titipan Allah SWT untuk orang lain. Kemudian membersihkan jiwa kita dari berbagai penyakit . Ini beberapa keutamaan," tambah Harjani.

Zakat juga sangat bermanfaat bagi pembangunan umat terutama dalam pemberdayaan sumber daya manusianya.

Zakat merupakan rukun Islam maka barang siapa yang meninggalkanya maka sama dengan meninggalkan salat, puasa.  "Jadi dosa besar," tukasnya.

Penulis: Zulkifli
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved