PLN UIP Kalbagbar Beri Pelatihan Pemuda di Sekitar PLTU Bengkayang

Kegiatan pelatihan yang dimulai sejak tanggal 2 Mei ini diikuti oleh 25 orang peserta yang berasal dari lima dusun di Kecamatan Sei Raya Kepulauan

PLN UIP Kalbagbar Beri Pelatihan Pemuda di Sekitar PLTU Bengkayang
TRIBUN/ISTIMEWA
Para pemuda yang tinggal di sekitaran proyek pembangunan PLTU Bengkayang (2x50 MW) dan PLTU 2 Kalbar (2x27,5 MW) mendapatkan pelatihan yang diinisiasi oleh PLN UIP Kalbagbar. 

PLN UIP Kalbagbar Beri Pelatihan Pemuda di Sekitar PLTU Bengkayang

BENGKAYANG - PLN UIP Kalimantan Bagian Barat (Kalbagbar) berupaya untuk meningkatkan keterampilan dan perbaikan ekonomi bagi warga yang berada di sekitar proyek pembangunan PLTU Bengkayang (2x50 MW) dan PLTU 2 Kalbar (2x27,5 MW).

Dengan menggandeng Loka Latihan Kerja Usaha Kecil dan Menengah (LLK-UKM) Kota Singkawang, PLN membuat program pelatihan tenaga teknisi mesin yang berlangsung selama 25 hari.

Baca: Buka Pekan Gawai Dayak Naik Dango Kota Singkawang 2019, Ini Harapan Tjhai Chui Mie

Baca: Stepanus: Pekan Gawai Dayak Naik Dango Jadi Indikator Singkawang Hebat

Kegiatan pelatihan yang dimulai sejak tanggal 2 Mei ini diikuti oleh 25 orang peserta yang berasal dari lima dusun di Kecamatan Sei Raya Kepulauan dan juga dari satu dusun di Kecamatan Singkawang Selatan.

Selain mendapatkan pelatihan dan nantinya dibekali dengan sertifikat kompetensi teknisi tenaga mesin, para peserta yang notabene belum memiliki pekerjaan tetap ini juga mendapatkan seperangkat tools kit yang dapat digunakan sebagai modal usaha awal dalam bekerja khususnya di dunia usaha perbengkelan otomotif.

Dalam sambutannya, Manager Pertanahan PLN UIP Kalbagbar, Rajuni Rahim, menyampaikan bahwa bantuan program pelatihan ini merupakan bentuk upaya kepedulian PLN terhadap kesejahteraan warga di sektiar proyek.

“Kami berharap bantuan ini dapat menjadi bekal bagi rekan-rekan dalam menjalani kehidupan di kemudian hari dan semakin membuka peluang serta kesempatan pekerjaan lebih luas lagi,” pungkas Rajuni.

Satu di antara perserta, Tegar Pangestu (19), mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat baginya karena selain menambah pengetahuan dan keterampilan, kegiatan ini dapat menjadi bekal bagi lulusan sekolah menengah pertama ini untuk mencari pekerjaan. Ia juga berterima kasih kepada PLN yang telah melaksanakan kegiatan pelatihan ini.

Senada dengan Fahri Husaini (28), pemuda asal Dusun Tanjung Gundul ini menyatakan dirinya sangat bersemangat dan tertarik dalam menjalani pelatihan ini. Ia juga berterima kasih kepada PLN dan bertekad untuk setidaknya dapat membuka bengkel di masa depan.

Kegiatan simbolis ini ditutup dengan kunjungan PLN yang didampingi pihak LLK untuk menengok kegiatan praktik pelatihan.

Editor: Nina Soraya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved