Dua Mahasiswa Untan Terpilih Jadi Relawan Pendidikan, Akan Berangkat ke Malaysia

Kedua mahasiswa ini mengatakan akan memberikan kontribusi terbaik untuk anak-anak TKI disana dan pulang membawa segudang pengalaman dan ilmu yang siap

Dua Mahasiswa Untan Terpilih Jadi Relawan Pendidikan, Akan Berangkat ke Malaysia
Istimewa
Siti Khotiyah Ningsih dan Putri Andriani mahasisa Universitas Tanjungpura. 

Dua Mahasiswa Untan Terpilih Jadi Relawan Pendidikan, Akan Berangkat ke Malaysia

PONTIANAK - Dua Mahasiswi Universitas Tanjungpura mewakili Kalbar sekaligus mewakili Indonesia bersama 43 mahasiswa dari berbagai Universitas di Indonesia yang akan diberangkatkan ke Malaysia menjadi relawan mengajar anak-anak Pekerja Migran Indonesia (PMI).

Dengan mengikuti program Volunterism Teaching Indonesian Children (VTIC) Foundation yang bekerja sama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur, Konsulat Jendral Republik Indonesia (KJRI) Kuching, dan Persatuan Guru Sekolah Non Formal Indonesia di Serawak, Malaysia.

Kegiatan tersebut diadakan setidaknya satu kali dalam setahun dan telah terlaksana sebanyak 6 kali hingga tahun 2018, Kegiatan VTIC Cycle tujuh ini akan dilaksanakan pada 2 Agustus sampai dengan 27 Agustus 2019 dengan mengambil momentum perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (RI) yang ke 74.

Baca: Belajar Bahasa Inggris dari Harry Potter, Jihan Berhasil Juarai Lomba Pidato Untan English Olympiad

Baca: Mahasiswi Untan Ini Sambut Positif Program Ngaji One Day One Juz di SPBU

VTIC Cycle 7 merupakan kali ketujuh mahasiswa mengadakan kegiatan sosial pendidikan untuk mengajar di sekolah-sekolah Non-Formal Indonesia di Serawak, Malaysia.

Siti Khotiyah Ningsih mahasiwi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Tanjungpura, program studi Pendidikan Fisika asal Kabupaten Sintang (21th) dan Putri Andriani asal Kabupaten Sambas dari Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Tanjungpura, program studi Keperawatan (18th) dinyatakan terpilih sebagai volunteer VTIC Cycle 7 setelah melewati 3 tahap seleksi dan siap diberangkatkan Agustus mendatang dan akan menetap selama 1 bulan di Serawak, Malaysia untuk mengajar anak-anak TKI .

“Terplih menjadi relawan mengajar di Malaysia di usia mahasiwa baru (Maba) dan terbilang muda merupakan sebuah tantangan dan tanggung jawab yang sangat besar dan terpilih menjadi relawan perwakilan Universitas Tanjungpura merupakan suatu kebanggan tersendiri karena dapat mengenalkan Universitas Tanjungpura ke kampus lainnya," ujar Putri kepada Tribun Pontianak.

“Tak pernah terpikirkan sebelumnya bahwa saya bisa lolos menjadi relawan untuk mengajar anak-anak pekerja migran di Malaysia. In syaa Allah, niat saya lillah untuk mengajar anak-anak disana. Apalagi setelah mengetahui kondisi pendidikan mereka yang sangat memprihatinkan," ujar Siti.

Kedua mahasiswa ini mengatakan akan memberikan kontribusi terbaik untuk anak-anak TKI disana dan pulang membawa segudang pengalaman dan ilmu yang siap diterapkan dan dikembangkan kembali di Indonesia.

Baca: VIDEO: Fasih Berbahasa Inggris, Inilah Lomba Story Telling di Untan Olympiad English

Baca: UPT Bahasa Untan Gelar Untan English Olympiad, Pemenang Akan Wakili Ditingkat Se-Asia Tenggara

Mereka juga berharap setelah pulang dari sana ingin terus mengembangkan jiwa kerelawanan dan semakin peduli akan pendidikan di Indonesia khususnya di daerah masing-masing.

Selain itu, keduanya berharap semoga pengalaman yany diperoleh dapat menginspirasi teman-teman pemuda lainnya agar lebih peka terhadap kondisi pendidikan anak-anak di Serawak, Malaysia khususnya di lading-ladang sawit.

“Mungkin disini kita menikmati fasilitas pendidikan yang cukup memadai malah terkadang kita terus-terusan mengeluh kurang ini dan kurang itu. Tapi coba kita lihat disana, bisa bersekolah saja mereka sudah sangat bersyukur. Jangan memandang sebelah mata, karena mereka pun bagian dari kita Indonesia” pungkas Putri dan Siti.

Penulis: Anggita Putri
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved