19 Orang Meninggal Akibat Laka Lantas, Ini Imbauan Kasat Lantas

Kasat Lantas Polres Sanggau, AKP Anne Trya Sefna menyampaikan, Sebanyak 51 kasus kecelakaan lalu lintas yang terjadi dari Januari

19 Orang Meninggal Akibat Laka Lantas, Ini Imbauan Kasat Lantas
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/HENDRI CHORNELIUS
Kasat Lantas Polres Sanggau, AKP Anne Trya Sefna 

19 Orang Meninggal Akibat Laka Lantas, Ini Imbauan Kasat Lantas

SANGGAU - Kasat Lantas Polres Sanggau, AKP Anne Trya Sefna menyampaikan, Sebanyak 51 kasus kecelakaan lalu lintas yang terjadi dari Januari hingga Mei 2019 di Kabupaten Sanggau.

“Korban meninggal dunia sebanyak 19 orang, korban luka berat sebanyak 30 orang dan korban luka ringan sebanyak 21 orang. Dan kerugian materil mencapai Rp 388.450.000 juta rupiah, ”katanya melalui telpon seluluernya, Senin (27/5/2019).

Sementara untuk data laka lantas tahun 2018, lanjutnya, sebanyak 140 kasus, korban meninggal dunia sebanyak 70 orang, luka berat 116 orang, luka ringan 17 orang, dengan kerugian materil Rp 1.576.372.000.

“Tahun 2018 di Tayan Hilir 30 laporan, Tayan Hulu 23 laporan, Kapuas 18 laporan, Batang Tarang dan Kembayan 17 laporan, Parindu 10 laporan, Toba 10 laporan, Sekayam 10 laporan, Beduai 3 laporan, Entikong dan Meliau satu laporan. Dan Mukok, Jangkang, Bonti dan Noyan tidak ada laporan, ”jelasnya.

Baca: ZODIAK Hari Ini Senin 27 Mei 2019, Aries Hati-hati Salah Paham, Lihatlah Dirimu Dahulu Virgo

Baca: Listrik di Pulau Maya Hanya Menyala Malam, Bupati Citra Sebut Tengah Berupaya Bertemu PLN

Baca: Bupati Citra Sebut Sudah Anggarkan Pembangunan Jalan Pulau Maya

Tahun 2019, lanjut Kasat, Tayan Hilir lima laporan, Tayan Hulu enam laporan, Kapuas sembilan laporan, Batang Tarang enam laporan, Kembayan dua laporan, Parindu 10 laporan, Toba tujuh laporan, Sekayam satu laporan, Beduai tiga laporan dan Meliau dua laporan.

“Totalnya 51 laporan, ”kata Kasat.

Untuk rambu-rambu lalu lintas di jalan
nasional, lanjut Kasat, sudah ada, namun demikian, kita juga menambahkan rambu-rambu peringatan di daerah rawan Laka lantas (Sesuai dengan data diatas). Dan pihaknya juga sudah membuat imbauan dalam bentuk banner dan spanduk.

“Diimbau kepada para pengendara kendaraan bermotor maupun pejalan kaki agar lebih mengutamakan keselamatan di jalan raya, Agar saling menghormati antar sesama pengguna jalan, ”imbuhnya.

Sebelumnya Kapolres Sanggau, AKBP Imam Riyadi menyampaikan, Mengingat tingginya angka kecelakaan lalu litas di wilayah hukum Polres Sanggau, diminta 11 dari 15 Polsek jajaran Polres Sanggau membentuk relawan keselamatan berlalu lintas. Hal itu pun sudah disampaikan Kapolres saat anev bulanan.

“Segera bentuk relawan keselamatan berlalu lintas dengan melibatkan komunitas Otomotif dan Ormas, ”katanya, Kamis (23/5/2019).

Ke-11 Polsek jajaran yang diminta membentuk relawan keselamatan berlalu lintas diantaranya, Polsek Toba, Polsek Tayan Hilir, Polsek Batang Tarang, Polsek Tayan Hulu, Polsek Kembayan, Polsek Beduai, Polsek Sekayam, Polsek Entikong, Polsek Parindu, dan Polsek Kapuas.

“Relawan dimaksud diberdayakan dalam membantu menekan angka laka lantas di wilayahnya masing-masing, ”tegasnya.

Penulis: Hendri Chornelius
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved