VIDEO: UPT Bahasa Untan Datangkan Juri Untan English Olympiad dari Kansas State University

Kemampuan berkomunikasi mereka cukup baik. Jadi saya sangat menikmatinya,

UPT Bahasa Untan Datangkan Juri Untan English Olympiad dari Kansas State University

PONTIANAK - Cary Chappel merupakan dosen di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di Kansas State University, Amerika Serikat menjadi juri di Untan Olympiad English (UOE).

Cary hadir langsung di UPT Bahasa Untan didampingi Kepala UPT Bahasa Untan, Stella Fransiska, Jumat (24/5/2019).

Kepada wartawan, Cary berharap kompetisi seperti ini lebih sering diadakan.

Bisa dilihat meskipun Bahasa Inggris masih merupakan bahasa yang masih asing di Indonesia sehingga sangat wajar jika masih kurang sempurna, tetapi penampilan para peserta begitu impresif.

"Kemampuan berkomunikasi mereka cukup baik. Jadi saya sangat menikmatinya," ujarnya saat diwawancarai Tribun Pontianak.

Baca: Paskhas Indonesia Bersama Santri Bagi - Bagi Takjil di Bundaran Digulis Pontianak

Baca: Nilai Perlu Ada Evaluasi Aspek Pemilu 2019, Sandiaga Uno : Sangat Penting Pemilu Jujur dan Adil

Ia mengatakan, terkadang ketika melakukan percakapan biasa tidak perlu tahu apa yang akan dilakukan seseorang ketika mereka mencapai batas kemampuan mereka saat menceritakan kisah yang rumit dengan ide-ide kompleks dalam bahasa asing yang jauh lebih sulit dibanding memberikan petunjuk arah kepada seseorang dari satu tempat ke tempat lain.

"Sama seperti ketika melakukan tes lisan dengan All English Situation, kami tidak meminta mereka untuk bercerita terlalu rumit. Kami hanya meminta mereka untuk melakukan tugas yang sangat sederhana dan ini akan baik untuk kandidat doktoral," jelasnya.

Dari yang ia lihat, penampilan mereka dalam berbahasa Inggris jauh lebih baik dibandingkan dengan di Amerika dan ia sangat senang.

"Saya punya banyak pengalaman dimana orang-orang minta maaf sekitar lima sampai enam kali karena kemampuan bahasa Inggirs yang buruk. Akhirnya saya langsung bilang sudah tidak apa-apa, saya mengerti apa yang kamu bicarakan. Meski kamu melakukan kesalahan dalam grammar atau pelafalan, para bule akan mengerti apa yang kamu bicarakan. Tidak ada alasan untuk takut membuat kesalahan saat bertemu dengan bule di Pontianak," pungkasnya.

Selengkapnya cek video berikut di atas

Penulis: Anggita Putri
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved