Pemilu 2019

Bawaslu Nyatakan Laporan Partai Demokrat Dapil Kalbar 2 Tak Terbukti

Bawaslu memerintahkan KPU Sanggau untuk memberikan sanksi dengan tidak menjadikan PPK Meliau sebagai penyelenggara Pemilu.

Bawaslu Nyatakan Laporan Partai Demokrat Dapil Kalbar 2 Tak Terbukti
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Suasana ruang sidang di Bawaslu Kalbar jelang di gelarnya persidangan dugaan pelanggaran Administrasi Pemilu Pileq 2019 PPK Meliau,‎ Sanggau. 

Bawaslu Nyatakan Laporan Partai Demokrat Dapil Kalbar 2 Tak Terbukti

PONTIANAK  - Majelis Pemeriksa Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kalbar nyatakan laporan Jeffray Raja Tugam terhadap PPK Kecamatan Meliau, Kabupaten Sanggau tidak terbukti secara sah dan menyakinkan dugan adanya perbuatan pelanggaran administrasi Pemilu terhadap perubahan formulir dari C1 ke DAA-1.

Dalam forum rapat pleno majelis permeriksa Bawaslu Kalbar yang di ketuai langsung oleh Ruhermansyah, Jumat (24/5/2019) siang di Kantor Bawaslu Prov Kalbar.

Baca: FOTO: Aksi Memukau Peserta Lomba Tari Kreasi di Pekan Gawai Dayak ke 34, Pontianak

Baca: DAFTAR Tim Hukum TKN Jokowi-Maruf Amin, Tim Hukum BPN Prabowo-Sandiaga & KPU RI yang Tarung di MK

Selanjutnya hasil dari rapat pleno tersebut Majelis menyatakan dalam putusan Nomor : 03/LP/L/ADM/PROV/20.00/V/2019 tersebut yang berisikan kalau laporan pelapor tidak terbukti secara sah dan menyakin melakukan perbuatan pelanggaran administrasi pemilihan umum terhadap perubahan formulir dari C1- ke DAA-1.

Dijelaskannya, terlapor yakni PPK Kecamatan Meliau terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan pelanggaran terhadap tata cara, prosedur dan mekanisme tidak menyerahkan seluruh formulir model DAA1-DPR kepada saksi dan PPK sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Bawaslu memerintahkan KPU Sanggau untuk memberikan sanksi dengan tidak menjadikan PPK Meliau sebagai penyelenggara Pemilu.

Sebelumnya, PPK Kecamatan Meliau ‎di laporkan ke Bawaslu Kalbar terkait dugaan pelanggaran administratif Pemilu pada tanggal 9 Mei 2019 oleh DPD Partai Demokrat Kalbar.

Baca: Jadwal & Live Streaming Piala Dunia Portugal U20 Vs Korea Selatan U20 Malam Ini Pukul 20.30 WIB

Dugaan pelanggaran tersebut yang terjadi perselisihan hasil perolehan suara untuk data C.1-DPR ke DAA1 DPR RI, DA1 DPR RI dan DB DPR RI di Kec Meliau, sehingga diduga terjadi pengelembungan suara tersebut pada Partai Golkar untuk Caleg DPR RI Dapil Kalbar 2.

Dalam laporan tersebut ada sejumlah TPS yang di indikasi terjadi pengelembungan di 17 desa yang ada di kec Meliau Kab Sanggau.

Penulis: Hadi Sudirmansyah
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved