Ramadan

SMA Muhammadiyah 1 Pontianak Gelar Pesantren Ramadan

SMA Muhammadiyah 1 Pontianak , menggelar pesantren ramadhan. Kegiatan merupakan agenda tahunan. Yang merupakan akhir

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Foto bersama Sekda Pontianak/ketua Dikdasmen muhammadiyah kalbar bersama kepala sekolah, dewan guru, dan peserta pesantren ramadan. 

Citizen Reporter
Jurnalis Pelajar Muhammadiyah "JAM"
Nazla

SMA Muhammadiyah 1 Pontianak Gelar Pesantren Ramadan

PONTIANAK - SMA Muhammadiyah 1 Pontianak , menggelar pesantren ramadhan. Kegiatan merupakan agenda tahunan. Yang merupakan akhir dari serangkaian acara GEBYAR RAMADHAN.

Kegiatan pesantren ramadhan ini, di laksanakan selama 3 hari, mulai dari tanggal 24 mei hingga 26 mei 2019.

Kegiatan Pesantren Ramadhan SMA Muhammadiyah 1 Pontianak ini dibuka langsung oleh deni Hamdani S. Pd. I selaku Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 1 Pontianak.

Dalam sambutannya, beliau menjelaskan tentang generasi Qurrata A'yun, yang ada di Al-Qur'an surah Al-Furqan ayat 74 surah ke 25 Juz 19. Ayat ini menjelaskan Allah memberikan suatu petunjuk yang sangat jelas bagi umat manusia, bagi umat islam diseluruh dunia tentang membina visi rumah tangga muslim.

“Qurata A’yun” yang artinya “penyejuk jiwa”. Qurrota a’yun yaitu anak-anak yang menjadi penyejuk mata dan jiwa. Budi pekerti, dan tutur kata.

Baca: Pelaku Industri Kreatif Harap Pemkot Singkawang Bantu Akses Pasar

Baca: LIVE Streaming PSM Makassar vs Badak Lampung FC, Sedang Berlangsung di Ochannel

Baca: Sedang Tayang LIVE Streaming PSM Makassar vs Badak Lampung di Ochannel, Pantau Via LIVE Score

Di dunia modern ini, makin hari makin banyak anak-anak yang sangat cerdas, bahkan melebihi kecerdasan kedua orangtuanya. Kecerdasan itu belum tentu bisa membawa kesolehan pribadi seorang anak. Sebaliknya, anak yang sholeh/sholeha itu sudah pasti cerdas pribadinya, dan juga cerdas secara sosial.

Ketua Dikdasmen muhammadiyah kalbar dalam sambutannya mengatakan, Setiap orangtua, sudah pasti ingin memiliki putra-putri yang menjadi "Qurrata A'yun". Tetapi, Qurrata A’yun itu tidak serta merta terjadi begitu saja. Sejauh mana ketaatan kedua orangtua kepada Allah SWT, dan baktinya kepada keduanya orangtua, maka sejauh itu pula putra-putrinya taat kepada dirinya. Makanan dan minuman, serta kehalalan makanan yang dikonsumi akan mempengaruhi kualitas ahlak dan budi pekerti sang anak. pesantren ramadhan, pelaksanaan kegiatan bertujuan untuk melatih kemandirian seorang siswa/siswi, membuat siswa/siswi lebih rajin membaca Al-Qur'an dan mengisi kegiatan kegiatan kosong dengan hal-hal yang positif.

Dari kegiatan ini, SMA MUHAMMADIYAH dapat merangkul seluruh siswa dan siswi untuk dapat menjadi pribadi yang positif dan menerapkan/ mengamalkan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari, dalam rangka membentuk mental spiritual yang tangguh, kokoh, dan mampu menghadapi tantangan-tantangan negatif, baik yang datang dari dirinya pribadi maupun dari luar dirinya. Lanjut H. Mulyadi yang juga merupakan Sekda kota Pontianak.

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved