Kapal Kemanusiaan AMCF Target 2 Tahun Rampungkan Ekspedisi Susur Sungai Kapuas

Relawan kapal kemanusiaan AMCF (Asia Muslim Charity Foundation) atau Yayasan Muslim Asia bertandang ke Kantor Tribun Pontianak

Kapal Kemanusiaan AMCF Target 2 Tahun Rampungkan Ekspedisi Susur Sungai Kapuas
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ZULKIFLI
Relawan kapal kemanusiaan AMCF saat bertandang ke Kantor Tribun Pontianak dan disambut Pemimpin Redaksi Tribun Pontianak Ahmad Suroso Jumat (24/5/2019). Relawan memaparkan program kapal kemanusiaan yang telah dan akan dilakukan. 

Kapal Kemanusiaan AMCF Target 2 Tahun Rampungkan Ekspedisi Susur Sungai Kapuas

PONTIANAK - Relawan kapal kemanusiaan AMCF (Asia Muslim Charity Foundation) atau Yayasan Muslim Asia bertandang ke Kantor Tribun Pontianak dalam rangka silaturahmi dan memperkenalkan program ekspedisi susur Sungai Kapuas, Jumat (24/5/2019)

Kapal kemanusiaan AMCF telah memulai ekspedisi di Kalimantan Barat sejak 2017, dalam rangka misi kemanusiaan.
Pada 2019 ini AMCF melanjutkan ekspedisi susur Sungai Kapuas dengan target 193 Desa, terluar, terdepan dan tertinggal di Kalbar yang ditargetkan rampung selama 2 tahun.

Para relawan menggunakan kapal yang bermuata 10 crew. Kapal ini diawaki oleh orang-orang yang memiliki keahlian dibidang masing-masing di antaranya kapten kapal yang dinahkodai oleh Deni warga Pontianak.

Baca: Dukung Safari Ramadan BUMN, Askrindo berbagi 1000 Al-Qur’an di Pontianak

Baca: Bupati Citra Janji Selesaikan Masalah Air Bersih di Teluk Batang

Baca: Jarot: Butuh Keseimbangan Dalam Menjaga dan Mengelola 50 Ribu Hektar APL di Kabupaten Sintang

Kemudian asisten kapal yang memiliki kemampuan mekanik yang diemban Dani.

Kemudian ada pula dibidang medis, listrik hingga pertukangan.

"Indonesia adalah daerah kepulauan banyak daerah terpencil, tidak bisa dijangkau jadi di Indonesia jadi dari AMCF ada delapan unit kapal, satu di antaranya beroperasi di Kalbar,"ujar Fadhil Mahdi selaku regional Administrator saat bertandang ke Kantor Tribun Pontianak.

Kapal kemanusiaan memulai pelayaran dan kegiatan sosial di daerah Kubu Raya. Untuk ekspedisi susur Kapuas dimulai April 2018. Saat ini kapal kemanusiaan sudah sampai di Sekadau dan setelah Idul Fitri akan melanjutkan kembali pelayaran kemanusiaan.

"Target kita selanjutnya menuntaskan di Sekadau, selanjutnya Sintang, Kapuas Hulu dan Melawi. Sudah selesai ekspidisi kita lanjut ke kearah Utara dan Selatan dan Kalbar seperti Sambas Bengkayang, Ketapang dan Kayong Utara," ujarnya
Ia menjelaskan kapal kemanusiaan merupakan program AMCF yang konsen dibidang kemanusiaan dan pendidikan.
" Kita juga konsen membantu kondisi tanggap bencana alam, misalnya banjir di Kabupaten Landak beberapa waktu lalu kita juga ikut membantu," ujarnya
Kemudian ada beberapa program bantuan yang telah dilaksanakan seperti bantuan rumah duafa. Ini merupakan satu diantara program unggulkan dari AMCF.

Sebelum memberikan bantuan pihaknya terlebih dahulu melakukan survei terhadap masyarakat yang dibantu tanpa memandang suku dan agama. Setelah itu jika dinilai layak pihaknya membuka donasi.
"Untuk bantuan rumah misalnya kita tergetkan 15 hari pelayaran selesai dibangun,"ujarnya

Selain rumah duafa pihaknya juga membantu fasilitas umum seperti jembatan, fasilitas tempat wudhu hingga toilet umum.
"Jadi kita survei terlebih dahulu kebutuhan masyarakat setelah itu baru kita buka donasi,"ujarnya
Disamping itu pihaknya juga melaksanakan program bantuan bagi desa yang belum teraliri listrik. Pihaknya membuka donasi khususnya untuk pemasangan panel listrik surya khususnya ditempat - tempat umum.
" Karena memang keterbatasan kita tidak bisa menerangi semua rumah maka kita prioritas kan di tempat - tempat umum," ujarnya

Disamping bantuan fisik kapal kemanusiaan juga telah membantu masyarakat pedalaman dalam hal kesehatan, misalnya pengobatan gratis dan penyediaan tenaga kesehatan, hingga sunatan massal. Para anak-anak ini juga mendapatkan bingkisan seperti sarung dan peci.

Saat melakukan misi kemanusiaan didaerah pedalaman para relawan juga mendapati warga difabel baik karena bawaan dari lahir atau pun karena kecelakaan. Sehingga pihaknya membuka donasi untuk pengadaan kursi roda.
Pihaknya juga membagikan peralatan perilaku hidup bersih dan sehat.
Saat ini kapal kemanusiaan membuka diri bagi yang ingin berdonasi dalam bentuk apapun dapat langsung ke sekretariat AMCF di Jl Ahmad Yani 2 tepatnya di Masjid At Tanwir Lantai 3 Sungai Raya Kubu Raya mulai pukul 08.00 hingga pukul 15.00 WIB. Atau bisa menghubungi 085787268628 atas nama Fadhil mahdi atau 082148112811 atas nama M Muklis.

Penulis: Zulkifli
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved