Pedagang Susah Cari Stok Sapi Berimbas Pada Harga Daging Tidak Stabil di Sintang

Satu di antara pedagang daging sapi di Pasar Junjung Buih Sintang, Lele mengaku bahwa harga daging sapi saat ini sulit dipastikan stabil

Pedagang Susah Cari Stok Sapi Berimbas Pada Harga Daging Tidak Stabil di Sintang
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/WAHIDIN
Pedagang daging sapi di Pasar Junjung Buih Sintang, Lele saat ditemui di lapak dagangnya, Kamis (23/5/2019) pagi. 

Pedagang Susah Cari Stok Sapi Berimbas Pada Harga Daging Tidak Stabil di Sintang

SINTANG - Satu di antara pedagang daging sapi di Pasar Junjung Buih Sintang, Lele mengaku bahwa harga daging sapi saat ini sulit dipastikan stabil di kisaran harga tertentu, hal ini diakibatkan susahnya mencari stok atau kebutuhan sapi.

"Kalau sekarang ini, pedagang seperti sudah gila mencari sapi. Kita yang di Sintang ini kadang nyari sampai ke Sanggau, Sekadau, Melawi bahkan ke Kapuas Hulu," ujar Lele saat ditemui di lapaknya, Kamis (23/5/2019) pagi.

Lanjutnya bahwa kondisi demikian pun tidak hanya menjadi keluhan bagi pedagang daging sapi di Sintang, namun juga dari kabupaten lain. Hal inilah yang membuat akhirnya pedagang adu cepat mendapatkan stok sapi.

Baca: Rangkaian Lomba di PGD, Ada Lomba Tangkap Babi Sebagai Momen Untuk Mengingat Masa Kecil

Baca: Live Streaming TVOne Berita Ustadz Arifin Ilham Meninggal Dunia Langsung dari Az-Zikra Bogor

Baca: Momentum Bukber Dijadikan Panitia BPUN Kalbar 2019 Perkuat Kekeluargaan

"Karena yang dari Sanggau, Sekadau juga kadang nyari ke sini. Jadi kita berlomba lah nyari, bertempur harga. Karena kita hanya berharap ke peternak lokal. Tidak ada peternak besar yang bisa menyediakan sapi," jelasnya.

Lanjutnya bahwa hal inilah yang mengakibatkan harga daging sapi susah stabil di harga tertentu. Bahkan saat ini, dirinya menjual harga daging sapi cukup murah, yaitu Rp. 130 ribu perkilogram karena stok sapi aman.

"Setiap hari bisa berubah harganya. Seperti kemarin kita jual Rp. 150 ribu perkilo karena lagi susah cari stok. Tapi sekarang kita jual dengan harga murah Rp. 130 ribu karena kebetulan stok sapinya aman," terang Lele.

Untuk saat ini, Lele menambahkan bahwa kebutuhan masyarakat akan sapi masih normal sehingga stok daging yang disediakan juga sesuai kebutuhan. Hal ini membuat harga hanya kemungkinan kecil meroket naik.

"Sekarang masih biasa-biasa. Sehari kita bisa habiskan 300 kilo daging. Kebetulan daging beku juga ada, Rp. 80 ribu perkilo. Tapi kalau dekat lebaran stok susah, biasa H-3 itu harganya memang cukup tinggi naiknya," pungkasnya.

Penulis: Wahidin
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved